Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya

Pantai Sancang merupakan salah satu pantai yang sangat indah di kota Garut.

Sebenarnya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam berupa hutan lindung yang terdiri dari kawasan hutan dan pantai.


Untuk menemukan pantai yang sunyi ini wisatawan  akan melewati  Leuweung Sancang yang artinya hutan Sancang yang sangat kaya akan flora dan fauna.



Pemandangan menakjubkan akan sangat anda rasakan disini, terutama saat memasuki hutan.

Segala tumbuhan hijau dan pohon-pohon yang lebat serta tinggi membuat siapapun di dalamnya tidak bisa menjangkau pemandangan di luar hutan bahkan pantai yang akan anda kunjungi sekalipun.


Udara yang sejuk dan tanpa polusi sama sekali membuat siapapun betah menyusuri hutan ini dan menghirup oksigen sebanyak banyaknya dari tempat ini.


Setelah anda sampai di pantai Sancang, suasana tenang dengan deburan ombak yang terasa jauh semakin membuat anda enggan pulang.


Indahnya pantai pasir putih yang sangat luas dan memanjang membentuk lengkungan yang menakjubkan.


Meskipun berada di pantai namun deburan ombak akan jauh dari pandangan mata, pasalnya ada beting pembatas yang memisahkan hamparan pasir dari gulungan ombak.


Tempat wisata alam ini tidak bisa lepas dari sejarah kerajaan Padjadjaran yang tersohor akan kesaktian rajanya di Jawa barat ini.


Legenda yang turun-temurun masih menjadi hal yang sangat dipercayai masyarakat setempat mengenai berbagai hal di Leuweung Sancang ini.


Total luas kawasan cagar alam ini mencapai 2.913 ha untuk kawasan hutan dan 200 ha untuk kawasan pantai.


Sangat cocok bagi anda yang ingin ber adventure dan apa saja yang bisa anda lakukan disini? Tentu saja masih banyak hal lain yang menarik untuk dinikmati.


Berikut Gunungkidulku.com akan memberikan informasi yang lengkap dan sebenar-benarnya mengenai berbagai hal tentang pantai ini mulai dari lokasi, rute , aktifitas menarik sampai Penginapan terdekat.

Baca Juga : Gambar Raja Ampat Papua, Sejarah, Lokasi Alamat + Hotel Terdekat

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya

Lokasi

Pantai dengan luas mencapai 200 ha ini berada di wilayah Sancang, Cibalong, Garut regency , Jawa barat.


Dimana kawasan ini merupakan cagar budaya yang kaya akan flora dan fauna yang kebanyakan sudah langka dan dilindungi.


Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai


Untuk menuju lokasi wisata kawasan Sancang, wisatatawan dapat melalui jalur Garut - Cikajang dengan jarak 112 km dengan waktu tempuh 3,5 jam jika kondisi lalu lintas lancar.
Berikut ini adalah rutenya :


Kota Garut > jl. Bratayuda > jl. Pasundan > arahkan kendaraan anda belok ke kiri menuju jl. Papandayan> jl. Cimanuk > jl. Raya Cisurupan > jl. Raya cidatar > jl. Cikajang dan anda akan menemukan persimpangan lalu belokan kendaraan anda ke kiri dan tetap di jl . Cikajang > jl.Amblas > Cipang ramatan > Ciparay > jl.raya Cihurip > jl. Raya Cisompet > jl. Raya cigodeg > Cigodeg > jl. Sirna bakti > jl. Miramereu > jl.raya Cibalong > kawasan Sancang


Tempat wisata ini tidak sulit ditemukan, selain karena sudah dikenal luas oleh masyarakat , akses serta petunjuk jalan sudah memadai bagi para wisatawan.

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya

Pesona Alam Leuweung Sancang




Banyak faktor yang membuat tempat yang tersembunyi ini mulai dikenal masyarakat luas dan semakin banyak wisatawan yang ingin mengunjungi nya.


Ketika wisatawan memasuki kawasan hutan, jalan menuju pantai, maka pemandangan seperti tumbuhan paku-pakuan, pakis dan raflesia menjadi pemanis perjalanan anda.


Anda juga akan menemukan berbagai jenis hewan yang hidup di hutan ini.

Meskipun banyak hewan yang telah punah, seperti kerbau putih yang konon merupakan hewan asli dari hutan Sancang kini tak lagi bisa dijumpai.


Namun secara keseluruhan kawasan hutan ini masih asri dan lebatnya tumbuhan yang besar dan rindang bahkan akan menghalangi jarak pandang anda tentang dunia di luar hutan seperti pantai yang hanya akan terdengar deburan ombaknya saja.

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya


Kawasan hutan yang juga dekat dengan pantai Cijeruk indah ini juga merupakan bagian dari cagar budaya, terbagi menjadi 3 bagian yakni hutan dataran rendah , hutan mangrove dan cagar alam pantai.

Baca Juga : Rute dan Lokasi Jembatan Kaca Pantai Nguluran Panggang Gunungkidul Yogyakarta


Untuk sampai di pantai Sancang garut  regency wisatawan bisa melalui jalur setapak masuk ke hutan lalu sampai di pantai Cijeruk indah.


Selanjutnya lanjutkan perjalanan anda dengan menyebrangi sungai Cijeruk menggunakan getek nelayan setempat.


Getek ini bisa mengangkut anda ataupun jika anda menggunakan motor.

Hutan ini menyediakan jalan setapak yang cukup memadai untuk dilalui motor maupun berjalan kaki, namun jika kawasan pantai menjadi tujuan anda sebaiknya bawa atau sewa motor beserta guide nya.


Banyak juga ditawarkan jasa ojek yang siap mengantar anda ke pantai yang berdekatan dengan pantai Santolo ini.


Jika anda wisatawan dari luar daerah, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa pemandu yang akan mengantarkan anda sampai di tempat tujuan dengan aman dan nyaman.


Sepanjang menyusuri sungai, pemandangan berbagai tumbuhan hutan di kanan kiri akan menjadi pemandangan yang mempesona.


Perjalanan mengarungi sungai menuju pantai Sancang pun terasa lengkap dengan kicauan burung liar dan binatang lain yang hidup di hutan .


Begitu anda menginjakan kaki di pasir pantai Sancang Garut regency, maka Padang lamun dan air laut yang dangkal menjadi hal yang pertama membuat anda takjub.


Pantai yang menyatu dengan Leuweung Sancang ini masih sangat bersih, adapun sampah hanya daun dan ranting.


Meskipun anda berada di tepian pantai, namun gulungan ombak jauh dari pantai, karena antara air laut dan pantai dipisahkan secara alami oleh beting yang lumayan tinggi, jadi pinggir pantai hanyalah lautan dangkal dengan pemandangan segala biota bawah laut yang hidup di perairan laut dangkal.


Ketika anda bermain air pun anda hanya akan bermain di lautan yang dangkal tanpa takut tergulung ombak,


Berada di sini, seakan jauh dari beban kehidupan, suasana sunyi dan juga deburan ombak yang besar menghantam karang seakan menjadi teman untuk berbagi berbagai renungan.


Pemandangan berupa sejumlah burung pencari ikan yang siap menemani anda ketika anda bersantai di tepi pantai, burung-burung ini berjumlah ratusan .

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya


Mereka datang dan pergi seolah memamerkan kepada wisatawan betapa nyamannya tempat ini untuk tinggal.


Pelataran karang menjadi keindahan lain yang sulit dilupakan, sejauh mata memandang hamparan pasir yang memanjang pun siap menjadi cerita indah saat anda pulang.


Di sisi lain pantai ini menampakan kesunyian yang meneduhkan, onggokan kayu besar serta deburan ombak yang samar-samar membawa anda menemukan ketenangan yang tiada duanya.


Bangkai kapal yang karam entah berapa puluh tahun yang lalu menjadi bukti bahwa begitu terasingnya wilayah ini dari wilayah yang telah modern ,jauh dari hiruk pikuk dan ganasnya kemajuan zaman.


Gulungan ombak besar sangat jauh dari jangkauan, namun keindahan nya masih bisa anda rasakan.

Pantai ini menawarkan kedamaian yang murni tanpa adanya manipulasi dan kecantikannya membuat siapapun enggan pulang.


Aktifitas Menarik Ketika Berwisata di Sini


Berkeliling pantai Sancang menikmati alam sekitarnya adalah pilihan bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang Sancang dan keajaiban di dalamnya.


Menginjakan kaki di pasir putih yang cemerlang dan menyusuri setiap sudut pantai ini mungkin tidak akan cukup sehari mengingat kawasan Leuweung Sancang sangat luas.


Tetapi setiap pijakan anda adalah tempat yang istimewa, mewakili wajah keseluruhan tempat ini, rasanya meskipun tidak semua , di titik-titik tertentu yang mungkin bisa Anda jangkau.


Jika anda ingin memanfaatkan suasana yang tenang ini untuk bersantai sejenak sambil berjemur di atas pasir putih, tidak ada salahnya jika anda merebahkan tubuh anda sebentar dan biarkan kulit anda menyerap Kilauan matahari yang tampak lain disini.


Berenang merupakan hal yang wajib jika anda datang kemari, suasana air yang jernih dan keindahan biota laut yang beraneka ragam membuat anda merasa bahwa anda berada di tengah aquarium yang besar dan megah.


Cocok pula bagi wisatawan dengan hobi snorkeling, anda akan dibuat takjub oleh pemandangan bawah laut yang dangkal ini.

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya


Aneka ikan warna warni siap menemani penjelajahan anda di bawah laut

Bersantai di pinggir pantai setelah anda melakukan aktivitas air menjadi pilihan selanjutnya.

Di pantai ini terdapat sebuah muara yang berada air jernih dan berkarang. Wisatawan biasa mencoba peruntungan memancing ikan di muara ini .


Berbagai ikan hidup di muara yang jernih ini, habitat mereka berada dalam celah-celah karang dengan tumbuhan khas air payau melekat di atasnya.


Jika anda beruntung ikan-ikan disini akan segera menjadi menu yang istimewa, pasalnya anda sendiri yang menangkap.


Menjelajahi pantai sunyi ini tak lengkap jika tidak membawa pulang sebuah moment berbingkai background alam Sancang sebagai pemanisnya .


Anda dapat menjumpai banyak spot foto menarik disini, karena setiap titik tempat ini begitu mempesona.


Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menyimpan nya di medsos yang anda miliki, sekaligus sebagai bentuk promosi bahwa di negara tercinta ini banyak hal tempat-tempat sebagai surga yang tersembunyi.


Pantai Sancang Garut regency memang tak akan ada habisnya dijelajahi jika anda hanya memiliki waktu yang singkat, alternatif kegiatan menyenangkan lainya yakni bermalam di pantai ini atau camping.

Tempatnya yang sepi dan jauh dari jangkauan penduduk membuat anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang mulai dari perlengkapan mandi, baju, stock obat dan makanan sampai guide pemandu yang siap menemani camping anda.


Tempat tersembunyi ini menawarkan liburan yang seru kan?

Baca Juga : Wahana Baru, Jembatan Gantung di Pantai Timang


Mitos dan Sejarah


Menilik dan menjelajah hutan Sancang lebih dalam maka anda bukan saja melihat berbagai pesona flora dan fauna yang menghuninya.


Tetapi juga sungai, goa, dan juga petilasan. Petilasan tersebut merupakan makam prabu Siliwangi dan banyak makam yang lainya.


Sejarah mencatat bahwa hutan Sancang ini merupakan tempat berlarinya prabu Siliwangi dan para pengikutnya karena suatu pertengkaran dengan putranya, yaitu Raden kian Santang.


Prabu Siliwangi sendiri merupakan raja yang sangat tersohor di kerajaan Hindu terbesar di Jawa barat yakni Padjadjaran.


Asal muasal permasalahan prabu Siliwangi dengan sang putra konon disebabkan oleh perbedaan pendapat tentang keyakinan .


Setelah menjajal kesaktiannya sampai ke Arab, kian Santang bertemu dengan orang yang menurutnya sangat sakti karena kian Santang sendiri tidak mampu mengalahkannya.

Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya

Lalu kian Santang memutuskan untuk memeluk agama Islam dan berada di sana sampai 7 tahun lamanya.


Setelah 7 tahun berlalu sang Raden memutuskan untuk kembali ke Padjadjaran dan membujuk sang ayah untuk mengikuti keyakinannya.


Meskipun telah dibujuk sekian lama dan sedemikian rupa, prabu Siliwangi tidak mau pindah keyakinan, ia tetap pada kepercayaan nya yakni memeluk agama Hindu yang merupakan agama nya sejak kecil dan turun-temurun di Padjadjaran.


Sejak saat itu permu5uhan terus terjadi, perkel4hian pun tak terelakan.

Maka larilah prabu Siliwangi bersama beberapa prajurit menuju hutan Sancang dan konon berubah wujud menjadi maung atau harimau putih dan prajurit nya menjadi maung loreng.


Sejak saat itulah hutan Sancang ini ada, Sancang sendiri diambil dari sebuah kerajaan kecil yang berada di tempat ini . Kerajaan tersebut dipimpin oleh saudara kandung sang prabu Siliwangi.


Pesona kawasan Sancang yang menghipnotis para wisatawan tak luput dari berbagai mitos di dalamnya.


Konon makhluk gaib penghuni hutan Sancang adalah roh dari seluruh rakyat kerajaan yang dipimpin oleh prabu Siliwangi pada jaman dahulu yang kini berubah menjadi hutan .


Di dalam hutan juga ada tempat yang menurut cerita warga setempat dapat digunakan untuk mencari pesugihan, menyer4mkan memang.


Suasana hutan juga teramat men4kutkan jika dijelajahi seorang diri, pasalnya pepohonan yang begitu lebat dan minimnya petunjuk jalan bisa saja membuat siapapun tersesat.


Sering terdengar suara-suara aneh dan bisikan dari makhluk tak kasat mata bila berkunjung ke tempat ini sendirian.

Bau-bauan seperti bau wangi dan 4mis juga sering tercium beberapa orang yang pernah masuk ke dalam hutan.


Di dalam hutan pula konon terdapat harimau putih yang merupakan perubahan wujud dari prabu Siliwangi dan harimau loreng merupakan wujud dari para prajurit pengawal sang prabu.


Entah benar atau tidaknya, tapi masyarakat setempat masih menganggap bahwa tempat ini sangat keramat.


Sayangnya banyak tangan tak bertanggung jawab mulai merusak dan memperkaya diri sendiri sehingga kerusakan hutan tak bisa di hindari.


Banyak pohon besar yang merupakan detak nadi hutan ini ditebang secara ilegal . Tercatat hampir 200 ha lebih bagian hutan ini yang mengalami kerusakan hebat.


Fasilitas

Mengunjungi hutan ini sama saja anda dibuang ke tempat yang tak berpenghuni.

Maka tidak heran jika fasilitas seperti tempat makan dan minum, toilet dan lain sebagainya masih minim disini.

Kecuali yang memang berada di sekitar pemukiman.


Harga Tiket Masuk


Untuk menuju kawasan hutan ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah dan 5.000-10.000 untuk membayar rakit yang akan membawa anda untuk sampai di pantai Sancang dari teluk dalam hutan bernama cijuruk.


Tempat Wisata Terdekat

Menjelajahi pantai Sancang Garut regency tak lengkap jika tak mencoba berkunjung ke pantai yang berada di dekat tempat wisata ini.


Tidak jauh dari Leuweung Sancang terdapat tempat wisata pantai Santolo , dan juga pantai Cijeruk indah.


Atau jika anda ingin suasana romantis , cobalah berkunjung dan menikmati sunset di pantai rancabuaya yang lokasinya tidak jauh dari Sancang Garut regency.


Beberapa tempat terdekat dari Leuweung Sancang memang memiliki keindahan masing-masing dengan ciri khas dan suasana yang berbeda .
Dan cobalah untuk menjelajahi nya satu per satu.


Penginapan Terdekat

Untuk penginapan yang terjangkau dari Leuweung Sancang , berikut adalah beberapa yang direkomendasikan:


1. Penginapan karanglaut sayangheulang

Penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap, dengan pelayanan yang ramah dan harga yang terjangkau.
Harga yang ditawarkan mulai dari 100k/ malam .
Berlokasi di Mancagahar, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.


2. Penginapan Bayu samudra

Penginapan Bayu samudra ini letaknya berada di jl. Pantai Santolo, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.
Penginapan sederhana dengan suasana masih asri dan dekat dengan tempat wisata.


3. Penginapan bannaboat

Penginapan ini bergaya modern dan fasilitas nya tidak mengecewakan.
Ada fashion Store juga di bagian lantai bawah.
Terletak di jl. Pantai Santolo, pamalayan, Cikelet,  Garut, Jawa barat.
Penginapan ini tentu dekat dengan tempat wisata Leuweung Sancang, Santolo dan juga Pameungpeuk.


4. Penginapan erbysa sayangheulang

Penginapan ini merupakan Penginapan dekat pantai sayangheulang dan juga Sancang garut serta tak jauh dari pantai Santolo dan juga pantai rancabuaya.

View laut yang mengagumkan akan anda nikmati disini, tidak hanya pemandangan yang bagus, tempat nya yang luas dan bersih akan membuat anda nyaman menginap di sini.

Letaknya berada di Mancagahar, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.

Rumah Makan Terdekat

Berwisata ke suatu daerah tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner setempat.
Berikut ini beberapa tempat makan yang dapat dijangkau dari Sancang Garut regency.


1. Rumah makan bakar ikan citra bahari

Seperti namanya, menu andalan di tempat ini adalah ikan bakar dan beberapa olahan seafood lainya yang tak kalah menggiurkan.
Tempatnya yang santai dan juga nyaman untuk keluarga dan anak-anak serta aneka sajian makanan nya diolah dengan bumbu yang sangat khas dan enak.
Rumah makan ini berlokasi di Sindangkerta, cipatuh, Tasikmalaya.


2. Rumah makan erbysa sayang Heulang.

Rumah makan ini dibangun di pinggir pantai, terdapat juga Penginapan dalam satu lokasi yang sama dengan view laut yang indah.

Terletak di Mancagahar, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.

Makanan yang disediakan berupa olahan seafood dan masih banyak lagi pilihan menu.
Tempatnya yang luas cocok untuk anda bersantai bersama keluarga.


3. Rumah makan ibu Nining

Rumah makan ini menawarkan berbagai menu penyerang bagi anda para pengunjung.

Selain harganya yang cukup ramah di kantong, cita rasa masakan di rumah makan ini cukup enak.

Terletak di jl.cilauteureun no 92, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.
Rumah makan ini selalu diminati karena cita rasa makanan yang khas .


4. Warung makan mawar

Menyediakan menu olahan ikan dan juga udang segar.
Selain menikmati berbagai sajian lezat, warung makan ini memiliki tempat buang nyaman dan juga cocok untuk bersantai karena pemandangan laut menjadi sangat mempesona dan menambah daya tarik tempat ini .

Terletak di ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa barat.

Warung makan mawar juga merupakan tempat dimana anda bisa melihat penangkaran udang .
Dan menu yang disajikan dijamin dari bahan baku yang masih segar.


5. Warung nasi ayu Susi

Warung nasi sederhana ini menawarkan menu rumahan mulai dari olahan mie dan juga sayur mayur beserta lauk Pauk ala rumah.

Meskipun sederhana warung ini tak pernah sepi peminat, pasalnya tempat nya yang bersih dan juga nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Selain itu makanan yang disajikan bercita rasa sangat lezat.

Terletak di ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya , Jawa barat rumah makan ini buka dari jam 06.00-22.00.

Baca Juga : Pesona Pantai Somandeng Gunungkidul


Tips

Persiapan liburan tentu akan terasa menyita waktu dan tenaga, tapi ini adalah hal yang paling penting.

Terutama jika yang akan anda kunjungi memiliki ruteyang menantang seperti Leuweung Sancang ini.

Persiapkan fisik dan juga mental anda, pastikan anda nyaman dengan perjalnan anda dan juga jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang bisa saja anda butuhkan sewaktu-waktu , seperti halnya p3k dan yang lainya.


Berlibur ke sancang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anda, namun begitu karena hutan ini masih dianggap sakral oleh masyarakat adat , jangan membuat hal yang melanggar norma yang berlaku.


Tetaplah bersikap sopan, dan jangan meninggalkan rombongan untuk memisahkan diri pasalnya hutan ini sangat luas dan minim petunjuk arah.


Tetap jaga dan lindungi Tempat Wisata yang anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena pesona Sancang Garut regency berhak untuk tetap berlangsung dan dinikmati generasi penerus kita.

Leuweung Sancang menjadi salah satu pemasok oksigen di dunia dan menjadi salah satu paru-paru dunia.

Keberadaannya mungkin selalu terancam oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.


Segala perubahan dimulai dari kita yang peduli untuk tetap menjaga dan memamerkan kepada banyak kalangan bahkan dunia jika Indonesia memiliki tempat seperti surga ini.

Selamat berlibur, semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Pesona Pantai Sancang Garut, Sejarah Leuweung, Rute dan Lokasinya"

Post a Comment