Rute dan Lokasi Menuju Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta


Rute dan Lokasi Menuju Pantai Parang tritis Bantul Yogyakarta





Kota Yogyakarta saat ini banyak sekali tempat wisata yang baru maupun yang sudah sangat melegenda bagi wisatawan, kota gudeg ini juga sangat terkenal dengan wisata pantainya seperti halnya wisata Pantai Parangtritis yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.


Pantai Parang tritis ini begitu terkenal akan pantainya yang bersih, hamparan pasir yang luas dan juga kulinernya yang sangat murah.


Selain itu Pantai ini wajib anda kunjungi ketika anda berwisata ke Yogyakarta karena banyak sekali panorama indah yang anda dapatkan ketika berkunjung kesini, sangat cocok untuk melihat sunset di saat sore hari. Dan di Pantai ini juga mempunyai sejarah dan cerita yang beredar di kalangan masyarakat. Pantai Parangtritis ini di ujung timur berbatasan dengan Pantai Parang Endog.
 

Lokasi

Pantai ini terletak di Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Titik koordinat GPS Pantai Parangtritis -8.025887,110.335270 






Rute Menuju Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta



Dari pusat kota Yogyakarta Pantai Parangtritis ini berjarak kurang lebih 40 km dan dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 20 menit.


Yogyakarta > jokteng Timur > jl. Parangtritis > lurus keselatan dan melewati ringroad masih lurus aja > Manding lurus saja > kretek > Pantai Parangtritis


Nb. Jika anda memulai dari arah kota Yogyakarata sudah melalui jl. Parangtritis tinggal ikuti aja dan ambil yang lurus aja 


Pesona Pantai Parangtritis Yogyakarta





Panorama nan indah kala ke Pantai Parangtritis sudah terasa saat kita sudah melalui TPR (tempat pemungutan retribusi) aroma laut serasa kian dekat saat kami masih dalam kendaraan.


Sayub-sayub deburan ombak mulai terdengar, saat sudah di parkiran rasa hati sudah ingin segera menginjakan kaki ini ke pasir pantai di pantai ini.


Hamparan pasir pantai nan luas menyambut kedatangan kami, wisatawan berlalu lalang gembira dan berfoto-foto di setiap sudut pantai. 


Pantai Parang tritis ini mempunyai ciri khas dengan pasir pantai yang berwaran coklat ke hitaman, dan ombak yang besar khas pantai selatan Yogyakarta.


Waktu yang paling pas untuk mengunjungi pantai parangtritis ini yakni ketika sore hingga malam hari dengan suasana nan syahdu akan menemani kita.


Kami datang saat sore hari sekitar jam 15.00 matahari masih lumayan terik di pantai ini, sangat menarik di lokasi wisata pantai ini ada penyewaan payung dan tikar yang bisa kita sewa untuk menikmati indahnya Pantai ini, selain itu ada juga beberapa gazebo di pinggiran pantai.




Aktivitas Yang di Lakukan saat di Parangtritis


Pantai ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga anda maupun dengan teman dan juga kerabat anda. Aktifitas  yang sering di lakukan kala di pantai ini yakni bermain di pasiran menggunakan bola, atau bisa bermain pasir bersama teman-teman, bisa juga bermain layang-layang bersama keluarga anda dan jangan kawatir tidak punya layangan yah karena disini banyak yang jual.


Selain itu wisatawan juga bisa bermain air di bibir pantai sambil melihat ikan-ikan kecil berenang kesana kemari dan ini sangat menyenangkan bagi anak-anak anda.


Selain itu di pantai parangtritis juga ada berbagai mainan fasilitas lain lho seperti,


1. Persewaan ATV 


Bermain ATV ( ALL Terrain Vehicle) di pantai parangtritis sangat menyenangkan, wisatawan bisa mengelilingi semua hamparan pasir di pantai parangtritis ini tanpa harus lelah dengan jalan kaki karena pantai ini tergolong luas lho, selain itu anda juga bisa beradu kecepatan bersama teman anda lho eits tapi ingat selalu hati-hati ya karena banyak wisatawan yang berseliweran.


Harga menyewa ATV di pantai ini yakni Rp. 50.000-100.000 akan mahal apabila wisatawan sedang ramai dengan waktu penyewaan sekitar setengah jam saja.


2. Naik Bendi atau Delman


Selain naik ATV wisatawan juga bisa menaiki Delman dan berkeliling di sepanjang pantai parangtritis hingga ke bagian timur dari batas tebing, wah wisata ke jogja banget nih udah di pantai naik delman lagi. Sangat menyenangkan bukan.



Sunset Di Pantai Parangtritis


Saat yang kami nanti-nanti pun tiba yakni sore hari dan kami pun bisa menikmati indahnya matahari terbenam dengan sempurna. Keindahan sunset di pantai parang tritis pun luar biasa karena tidak ada penghalang lain selain mendung, namun nasib kami sangat mujur kami dapat melihat sunset begitu indah.


Langit dengan balutan keemasan mulai kami abadikan dengan kamera ponsel dan banyak juga wisatawan lain yang ikut mengabadikan sunset ini.


Malam Yang Indah di Pantai Parangtritis


Saat sang mataharipun sudah benar-benar tenggelam dan suasana sudah semakin gelap kita hanya bisa menikmati aroma ketenangan dari pinggir pantai, sambil di temani suara deburan ombak dan sumilir angin laut malam.


Tak lama kamipun melihat pedagang jagung yang buka lapak di pasiran tepi pantai parangtritis ini dan kamipun memesannya, menikmati jagung bakar di pinggir pantai sambil menikmati udara malam di pantai wah sungguh mengasyikkan sambil ngobrol bersama teman-teman.


Tidak hanya penjual jagung manis saja namun juga ada penjual wedang ronde khas jogja, wah cocok sekali nih dingin-dingin di pantai sambil menikmati wedang ronde hemm nyummi..


Asal Muasal Nama Parangtritis


Nama parangtritis sepertinya nama yang unik sekali di telinga masyarakat, tau ga sih konon masyarakat di sekitar bantul percaya bahwa dahulu kala ada seseorang yang bernama Dipokusuma.


Dipokusuma ini katanya lari dari kerajaan majapahit pada masa itu, tak sengaja dia pun datang dan sampai di Pantai ini, kala itu lokasi wisata ini masih rimbun oleh pepohonan dan banyak Goa-goa yang berbatasan dengan laut.


Dipokusumo sendiri ketika dalam pelariannya ini dia semedi di dalam goa yang berbatasan dengan laut kidul ini, didalam pertapaannya di pokusuma melihat tetesan-tetesan air yang mengalir di bebatuan yang bermuara di Pantai lantas dia menamainya Pantai ini dengan nama Pantai Parangtritis, parang sendiri mempunyai arti  batu dan tumaritis yang artinya tetesan air.


Berbagai Mitos Mengenai Pantai Parangtritis


Sudah bukan rahasia lagi, Pantai parangtritis ini konon katanya masyarakat adalah gerbang menuju kerajaan laut milik Nyai roro kidul. Pantai ini juga sebagai bentuk perwujudan kesatuan trimurti yogyakarta yakni Gunung merapi, kraton yogyakarta, dan Pantai Parangtritis ini jika di lihat secara garis besar akan terlihat lurus di ketiga tempat ini.


Trimurti ini memiliki segudang arti bagi warga setempat yang terdiri gunung berapi berarti api dan pantai parang tritis berarti air dan keraton yogya adalah sebagai penyeimbang satu sama lain.


Berbagai mitos yang beredar di kalangan masyarakat pantai parangtritis ini konon pintu gerbang menuju kerajaan laut kidul yang mana nyai roro kidul sendiri menyukai sandangan (pakaian) dengan warna hijau, lantas banyak masyarakat yang mempercayai jika ke pantai parangtritis ini menggunakan pakaian hijau bakal terseret ombak dan tenggel4m di laut kidul.


Namun semua itu tadi hanaylah mitos yang berkembang di masyarakat, pada dasarnya pantai parangtritis ini mempunyai palung laut yang sangat menjorok dan juga ombak pantai selatan terkenal begitu besar jadi saran bagi wisatawan yang hendak berwisata ketempat ini untuk selalu hati-hati dan jangan bermain air, masih banyak fasilitas yang sudah saya sebutkan di atas untuk menemani liburan anda di Pantai ini.


Fasilitas


Untuk fasilitas di Pantai parangtritis sudah tergolong lengkap karena tempat wisata ini sudah sangat melegenda sebagai wisata di kota yogyakarta, fasilitasnya sebagai berikut. Tempat parkir yang luas, hotel, kamar mandi, rerstoran, penginapa, mushola, toko oleh-oleh,dll


Tiket Masuk


Untuk harga tiket masuk menuju pantai parangtritis ini tergolong terjangkau dan murah meriah lho, hanya dengan Rp.5.000 per orang wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan pantai yang indah sekali.




Hotel dan Penginapan di Pantai Parangtritis


Berikut ini daftar hotel dan penginapan di sekitar Pantai Parangtritis,


1. Quen of the south beach resort


Hotel  ini terletak di sebelah timur dari pantai parangtritis dengan jarak yang tak begitu jauh, mempunyai kamar yang berfasilitas luamayan cukup. Dan hotel langsung berhadapan dengan pantai dan tempat renangnya waoow langsung dapat view langsung ke pantai. Untuk info pemesanan (0274)367196


2. Penginapan Arita


Terletak tak jauh dari lokasi pantai Penginapan arita ini selain harganya yang bersahabat banyak berbagai fasilitas yang membuat kita nyaman di penginapan ini. Untuk info selanjutnya silahkan menghubungi ke (0274) 6675492


3. Syariah Pondok Wisata Parangtritis


Penginapan ini juga masih di sekitar pantai parangtritis lho, penginapan ini terkenal bersih dan nyaman sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang hendak menginap disini, unutk harga relatif murah silahkan menghubungi ke 085865133506.


4. Hotel Budi Inn 1


Masih berlokasi di sekitar pantai parangtritis fasilitasnya lumayan lengkap tv, ac, spring bed, meja, kursi. Untuk harga relatif murah lho.


5. Adinda Hotel


Hotel ini masih berada di jl. Parangtritis, kecamatan kretek, Bantul. Masih ,berada dekat dengan pantai parangtritis dan berada di puncak sehingga wisatawan yang nginap di hotel ini akan melihat view bagus langsung ke arah pantai. Unutk info selengkapnya silahkan hubungi ke (0274) 368729


Nah itulah tadi review mengenai Rute dan Lokasi Menuju Pantai Parang tritis Bantul Yogyakarta, Bagaimana anda tertarik dengan tempat wisata ini? Tentukan waktu luangmu dan ajak keluarga, sanak saudara dan juga temenmu berwisata ke pantai ini. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Rute dan Lokasi Menuju Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta"

Post a Comment