Wahana Baru, Jembatan Gantung di Pantai Timang

Wahana Baru, Jembatan Gantung di Pantai Timang




Gunungkidul jajaran Pantainya sangat Luas dan banyak bermunculan Pantai-pantai baru dan di bangun oleh pemerintah maupun Masyarakat setempat.


Seperti hal nya Pantai Timang, Pantai Timang ini sebenarnya sudah cukup terkenal di kalangan para traveler. Pantai timang ini terkenal akan ciri khasnya yakni kereta gantung untuk menyebrang ke pulau kecil di tengah lautan.


Namun saat ini Pantai Timang tengah memunculkan wahana baru yakni Jembatan Gantung untuk menyebrang ke pulau kecil dan di bawahnya lautan bebas, sebenarnya hampir sama dengan kereta gantung nya namun saat ini jembatan gantung bisa di lalui hanya berjalan kaki dan tarifnya lebih murah dari kereta Gantung nya.


Pantai Timang ini berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Timang -8.176144,110.662404



Rute Menuju Pantai Timang Gunungkidul



Dari kota Yogyakarta Pantai Timang ini berjarak kurang lebih 70km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan


Yogyakarta > jl. Wonosari (Ringroad Ketandan) > perempatan. Sampaan > Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > Pasar buah Sambipitu. > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan udara) belok ke kiri menuju kota Wonosari > Siono > Pemda Wonosari > Pasar Argosari > pertigaan sebelum polres belok ke kanan > Jl. Baron > karang rejek > Mulo (pertigaan ambil arah kiri menuju Pantai Siung dan wediombo ) > Bintaos > Tepus (ada pertigaan ke kanan Indrayanti ambil ke kiri yang menuju Pantai Siung dan wediombo) > Pasar Purwodadi > ada pertigaan sebelum pertigaan ke Siung ambil kanan (lihat plakat) > dusun Ndanggolo > Pantai Timang.


Nb. Jika merasa bingung silahkan bertanya pada warga sekitar lokasi.


Jembatan Gantung dan Pesona Pantai Timang




Wahana Anyar ini baru selesai dan di buka pada bulan Maret 2017. Dan Jembatan Gantung ini pengelola meyakinkan sangat aman bagi wisatawan karena pengunjung akan di bekali peralatan pengaman dan pemandu ketika ingin menyebrang.


Sebenarnya hampir sama dengan kereta Gantung nya, kalau di kereta Gantung wisatawan hanya duduk saja dan di tarik oleh petugas. Namun wahana kereta Gantung ini sangat menantang adrenalin bagi wisatawan jadi kalau yang tidak suka tantangan biasanya tidak naik.



Selain butuh keberanian kereta Gantung ini tarifnya lumayan mahal karena ongkos menyebrang saja sudah Rp.150.000 per orang. Nah kalau Jembatan Gantung ini sebenarnya solusi bagi yang takut naik kereta Gantung.


Di buat dari anaman tambang senar dan di kaitkan dengan lempengan kayu sebagai alas. Sehingga wisatawan terasa hanya berjalan kaki biasa saja. Dan tarifnya jauh lebih kurang ketimbang kereta Gantung nya yakni berwisata Rp.100.000 per orang.


Tidak perlu kawatir karena jembatan ini sangat kokoh selain itu kita di lengkapi pengaman dengan tali dan ketika menyebrang akan di temani oleh pemandu.


Deburan ombak di bawah jembatan dan angin laut bertiup kencang menerpa jembatan ini dan serasa bergoyang-goyang namun itulah sens4si menyebrang di Pantai Timang ini.


Biaya pembuatan Jembatan ini pengelola menyebutkan menghabiskan dana sekitar 50 jutaan dan ini hasil iuran para pengelola setempat, makanya tidak heran jika jasa sewa penyebrangan ini juga relatif sedikit mahal. Karena buat perawatan dan buat nutup modal para pengelola.


Wisatawan ketika datang ke Pantai Ini biasanya juga menikmati wahana yang baru di buka belum lama ini. Selain itu Pesona Pantai Timang ini sangat indah ketika di lihat dari pulau kecil di sebrang sana.


Namun jalur ke Pantai ini medannya masih sangat sulit apalagi ketika hampir sampai di lokasi. Selepas dusun Danggolo jalannya masih berbatu sehingga warga masyarakat memanfaatkan situasi ini untuk mengais rejeki melalui jasa ojek yakni per orang Rp.30.000, namun apabila pengunjung ingin menaiki kendaraannya sampai lokasi sebenarnya bisa saja namun butuh skill mengemudi yang bagus.


Fasilitas

Fasilitas di Pantai Timang ini masih tergolong sederhana belum Semaju pantai-pantai lain di Gunungkidul, yakni cuma ada parkiran serta warung.


Nah itulah tadi keunikan dan ciri khas Pantai Timang yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Gunungkidul. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Wahana Baru, Jembatan Gantung di Pantai Timang"

Post a Comment