Rute Menuju Goa Maria Tritis Gunungkidul


Rute Menuju Gua Maria Tritis Gunungkidul




Gunungkidul tidak hanya mempunyai tempat wisata alam seperti yang terkenal selama ini seperti wisata pantai, pegunungan, air terjun dan juga wisata Embung Namun ternyata Gunungkidul juga menyimpan tempat wisata religi.



Wisata Religi umat Katolik ini bernama Gua Maria Tritis atau GMT Gunungkidul. Goa Maria Tritis ini adalah tempat ziarah dan tempat berdoa bagi umat Katholik.



Goa Maria Tritis ini masuk dalam Gereja Paroki Wonosari yang merupakan Paroki terbesar di kabupaten Gunungkidul.



Goa Maria Tritis ini terletak di dusun Bulu, desa Giring, kecamatan Paliyan, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Goa Maria Tritis Gunungkidul -8.082553,110.556561



Rute Menuju Goa Maria Tritis


Dari kota Yogyakarta Goa Maria Tritis ini berjarak kurang lebih 60km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit.


Goa Maria Tritis ini Berada di dekat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Sekaligus Jalur Wisata Pantai Baron dan Sekitarnya.


Ada Dua Rute Menuju Goa Maria Tritis
Rute Pertama

Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > perempatan Sampaan > kids fun > pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > Sambi pitu > Hutan Bunder > Gading (lapangan terbang) > Pertigaan setelah Lapangan Terbang belok kiri > Playen > Tugu selamat datang Wonosari > Siono ( bundaran ) > lurus saja melalui kota wonosari > Pemda Gunungkidul > Pasar Wonosari > ada pertigaan kedua belok kanan menuju jl.baron > Karang rejek > mulo > Kemadang > lihat plakat (ada pertigaan ambil arah ke Goa Maria Tritis) > ada Pertigaan tepatnya di tanjakan belok kanan kemudian masuk di Jalur Lintas Selatan > sekitar 2km lihat Kanan jalan sampai di parkiran > Goa Maria Tritis.

Rute ke Dua


Yogyakarta > jl. Wonosari. > Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Gading (setelah Lapangan Terbang ada pertigaan ambil ke arah kanan ) > Pasar Playen > Kecamatan Playen > ambil arah menuju Paliyan > Pasar Paliyan ke selatan > Poslapur TNI lurus saja > Sampai di Pertigaan pasar Trowono ambil arah kiri > masuk Jalur JJLS > Singkil > lihat kiri jalan sampai di parkiran > Goa Maria Tritis.


Nb. Jika merasa bingung bisa bertanya pada warga masyarakat sekitar.




Ziarah Dan Berdoa Di Goa Maria Tritis





Selain Goa Maria Tritis banyak peziarah menyebutnya Goa Tritis dan juga Goa Singkil. Goa Maria Tritis Sangat ramai pengunjung atau peziarah kala bulan-bulan Maria seperti bulan Mei dan juga Oktober.



Saat ke Goa Maria Tritis ini peziarah bisa menempuh dua jalan yang pertama jika peziarah ingin melakukan Jalan Salib jalan yang harus di tempuh melalui jalan Timur dengan 14 pemberhentian saat Penyaliban Yesus dan berjarak kurang lebih 2km dan apabila ingin berziarah saja tanpa melakukan Jalan Salib lewat jalan barat yang berjarak kurang lebih 500 meter.



Perjalanan kaki menuju Goa Maria Tritis ini kita di tuntun melalui jalan berbatu dan medannya naik turun gunung. Sunyi sepi serta segarnya udara yang masih bersih ketika kita berjalan kesana. Lokasi Goa Maria Tritis ini Berada di antara bebatuan karst dan pepohonan jati dan persis di tengah ladang dan jauh dari pemukiman.

goa Maria Tritis


Perjalanan akan sangat menguras tenaga apabila kita mengikuti jalan salib. Namun perjalanan ini tidak seberapa dari pada Perjuangan Tuhan Yesus kala waktu Penyaliban.


Baca Juga : PANTAI NGRENEHAN .


Ketika berada di mulut Goa kita di sambut suara kelelawar dan tetesan gemericik dari Stalagtit khas dari Goa.

goa Maria Tritis


Selain bisa berziarah dan berdoa di dalam Goa kita bisa menikmati sejuknya di dalam Goa Alami ini. Goa Maria Tritis ini betul-betul Goa yang alami tanpa ada campur tangan manusia, hanyalah pembangunan lantai Goa dan beberapa ornamen ke Agamaan khas khatolik saja.



Ketenangan dan hanya di temani suara kelelawar dan burung-burung yang bisa kita nikmati sembari kita sembahyang dan berdoa membuat hati dan pikiran menjadi sangat tenang dan damai sekali saat di tempat ini.



Barisan kursi umat dan meja Altar tertata begitu rapi di dalam Goa, bertanya kepada ibu penjaga setia Goa Maria Tritis ini katanya Goa Maria Tritis ini sering di buat Misa saat minggu Pertama dari Paroki Wonosari. Selain itu bisa buat Misa untuk organisasi dari kota lain namun harus ijin dahulu ke Romo Paroki Wonosari terlebih dahulu.

goa Maria Tritis


Setelah cukup lama berdoa dan berziarah di Goa Maria Tritis ini ada pandangan menarik di mata saya yakni di sekitar Goa Maria ini ada Ojek Payung yang tawarkan oleh beberapa ibu-ibu desa sekitar Goa Tritis ini.



Tarif Ojek Payung ini hanya seiklhas nya saja, menarik ketika obrolan di jalan mereka ini bukanlah seorang yang beragama Nasrani seperti yang saya pikirkan. Namun banyak ibu-ibu yang mengais tambahan rupiah ini hampir tidak ada umat Nasrani. Di benak saya berfikir semoga para peziarah dapat menjadi berkah pada Ibu-ibu disini.



Selain bisa berziarah ke Goa Maria ini kita juga bisa menikmati keindahan alam yang hijau royo-royo dengan udara yang bersih dan jauh dari kebisingan kota.



Setelah sampai di parkiran kita bisa beli oleh-oleh ornamen keagamaan seperti kalung Rosario, salib, dll.


Pembangunan akses jalan saat ini di Goa Maria sudah di perlebar namun masih batu kasar belum di cor blok maupun di aspal.



Di Goa Maria Tritis ini sudah ada Toilet namun di daerah Goa tidak ada yang jualan jadi bawa minum dari rumah atau beli di daerah pertokoan parkiran ya. Selamat Berziarah.

Kontributor : holet

Related Posts:

0 Response to "Rute Menuju Goa Maria Tritis Gunungkidul"

Post a Comment