Pantai Celeng Tibo, Spot Mancing Bagus di Gunungkidul


Pantai Celeng Tibo Spot Mancing Bagus di Gunungkidul





Gunungkidul begitu banyak tempat wisatanya terlebih akhir-akhir ini sering muncul dan di temukannya lokasi tempat wisata baru.


Lokasi Pantai yang sangat banyak dan berjajar begitu indah yang membentang dan berjajar di kabupaten Gunungkidul. 


Tidak hanya sebagai tempat wisata menikmati pemandangan ombak dan tempat bermain pasir. Namun di pantai yang satu ini cocok untuk Yang hobi memancing yaitu Pantai Celeng Tibo.


Terdengar masih sangat asing sekali bukan, di kalangan wisatawan yang gemar jelajah di kawasan Gunungkidul, namun tidak bagi sekelompok orang yang gemar memancing.


Pantai Celeng Tibo ini surga nya bagi para pemancing laut. Karena di pantai ini konon banyak ikan yang besar. Dan lokasinya sangat bagus dengan Panorama alam yang begitu sempurna.


Pantai Celeng Tibo ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Kesirat dan masih dalam kawasan pantai Kesirat. Terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul.


Baca Juga : PESONA PANTAI KESIRAT .


Perjalanan ke Pantai Celeng Tibo ini tidak semudah yang di bayangkan, melainkan harus penuh perjuangan yang cukup menguras tenaga.


Rute Menuju Pantai Celeng Tibo



Penting!! Menuju ke Pantai Celeng Tibo Sebaiknya Mengikuti Petunjuk Arah Ke Pantai Kesirat atau Pantai Wohkudu Sebab Lokasinya hanya Berjajar.


Yogyakarta > ringroad Ketandan > Jl. Wonosari > perempatan Sampaan > Piyungan > Patuk > Sambipitu > hutan wanagama > Gading (lapangan terbang) ambil kanan menuju arah Playen > pasar Playen > Paliyan ( Pasar Paliyan ambil arah ke kiri) Puslatpur TNI > menuju Saptosari > Lapangan Saptosari > ambil arah pantai Gesing dan pantai Kesirat > ( kemudian ambil arah ke kanan menuju Girikarto) > sesampai di  Girikarto (lurus aja hingga menjumpai pertigaan lalu ambil kiri) menuju dusun Nglaos > kemudian ikuti terus jalan, ada pertigaan pertama lalu ambil arah kanan > Pantai Kesirat > Pantai Celeng Tibo.


Perjalanan menuju Pantai Celeng Tibo ini perlu perjuangan ekstra karena kendaraan kita hanya bisa di parkir di Pantai Kesirat. Selanjutnya kita harus berjalan kaki yang masih lumayan jauh.


Setelah di parkiran Pantai Kesirat di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati semak belukar dan banyak semak-semak. 


Karena lokasi berada persis sebelah barat dari pantai Kesirat maka kita berjalan menuju ke barat dan berjalan melintasi tebing-tebing jurang yang langsung berbatasan dengan laut lepas.


Baca Juga : PESONA PANTAI NGLAMBOR .

Perlu sangat waspada dan hati-hati sebab di sepanjang jalan setapak kita berada di tebing yang berbatasan dengan jurang yang dalam, apalagi  saat musim penghujan pastinya akan sangat licin sekali medannya.


Sesampainya di Pantai Celeng Tibo ini di tandai dengan papan tempat bermancing yang di gunakan untuk duduk.


Lah Pantai Kok ga ada Pasirnya ya?


Iya betul sekali di sini sebenarnya bukanlah pantai pada umumnya seperti di pantai Gunungkidul pada umumnya, namun sebenarnya disini tebing.


Surga bagi para pemancing karena disini lokasinya sangat bagus dan berbatasan langsung dengan laut lepas.


Nama Celeng Tibo karena dulu konon katanya di lokasi banyak Celeng yang ber arti babi hutan. Pada dahulu kala banyak warga masyarakat yang memburunya menggunakan alat sejenis tombak. Karena Celeng tersebut begitu gesit larinya karena di kejar oleh pembu12u maka tidak menghiraukan tebing jurang yang langsung dengan menghadap ke laut lepas sehingga babi tersebut jatuh ke lautan lepas tersebut.


Sehingga semenjak kejadian tersebut banyak masyarakat yang menamakan tempat ini menjadi Pantai Celeng Tibo.


Belum ada fasilitas apapun di pantai ini jadi lebih baik jika anda berniat memancing di pantai ini bawalah bekal yang cukup ya. Selamat berwisata dan memancing di Pantai Celeng Tibo.

Related Posts:

0 Response to "Pantai Celeng Tibo, Spot Mancing Bagus di Gunungkidul"

Post a Comment