Rute / Peta / Lokasi Menuju Pantai Nglambor Gunungkidul

Foto by pantai Nglambor.com

Rute / Peta / Lokasi Menuju Pantai Nglambor Gunungkidul




Gunungkidul kaya sekali akan dunia wisatanya, sudah tidak asing lagi apabila ke Gunungkidul tujuan paling utama ialah Pantainya.


Pantai Gunungkidul sangat banyak dan mempunyai ciri yang berbeda-beda. Seperti halnya Pantai Nglambor ini mempunyai ciri khas Pantai yang bersih dan di pantai ini pula Wisatawan bisa menikmati bermain air atau Snorkeling.

selain bersnorkeling menikmati indahnya pemandangan bawah lautnya wisatawan juga bisa menikmati pesona alam di lokasi wisata seperti halnya pegunungan yang hijau royo-royo hingga pantai-pantai di sekitarnya.

update terbaru ketika kami berwisata ke tempat ini di lokasi nglambor beach ini sekarang ada beberapa wahana baru yakni jembatan gantung dan juga gondola untuk menyeberang ke pulau yang menyerupai kura-kura yang sebagai ikon dari lokasi wisata ini. wahana ini menyerupai gondola yang berada di Pantai Timang Gunungkidul.

Pariwisata yang berada di selatan Gunungkidul ini masih sangat alami dan belumlah terlalu ramai, selain itu jika wisatawan yang hendak mengunjungi tempat ini masih relatif murah loh, mulai harga tiket masuk, penginapan maupun harga makanannya. 


Lokasi

Pantai Nglambor Terletak di dusun Ngandong, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Pantai Nglambor -8.182091,110.679115. untuk akses menuju pantai ini tidaklah terlalu sulit bisa untuk Bus besar maupun kendaraan pribadi lainnya.


Rute / Peta / Lokasi Menuju Pantai Nglambor Gunungkidul



Dari Kota Yogyakarta Pantai Nglambor berjarak kurang lebih 85km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


PENTING!! Pantai Nglambor berada satu jalur dengan pantai siung, apabila hendak ke pantai siung akan melewati Pantai Nglambor. Sehingga ikuti rute Menuju Pantai Siung.


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari (Ketandan) > Sampaan > sekarsuli > Piyungan > bukit bintang > Patuk > toko buah Sambipitu > Sambipitu > huntan Bunder > perempatan Gading > lapangan udara > pertigaan Gading (ambil arah kiri menuju kota Wonosari ) > Playen > bundaran Siono (lurus aja menuju kota Wonosari ) > alun-alun Pemda Wonosari > pasar hargosari Wonosari > pertigaan lampu merah lurus aja > pertigaan kanan jalan ada pos polisi (ambil kanan menuju jalan baron) > perempatan Karangrejek rejek (lurus saja) > rusun karang rejek > mulo > pertigaan mulo (kalau kurus ke arah Baron ambil arah ke kiri menuju arah Tepus) > menthel > Cabean > Bintaos > kantor kecamatan Tepus > pule > pertigaan Pule kalau ke kanan menuju pantai Sundak dan sekitarnya (ambil arah kiri menuju desa Tepus) > desa Tepus > (pertigaan Tepus kalau ke kanan arah Indrayanti ambil arah ke kiri menuju Pantai Siung ) > Gesing > Purwodadi > pertigaan nagun (belok kanan mengikuti jalur pantai siung) > TPR (tempat pemungutan retribusi) > pertigaan pertama ke arah pantai Jogan masih lurus aja > pertigaan kedua ke arah pantai Nglambor > Pantai Nglambor.

Dari Kota solo

Solo > klaten > menuju selatan melalui cawas dan menuju gunungkidul melalui semin > karangmojo > semanu > ikuti jalur menuju cuwelo > giri panggung > kelurahan Balong > desa purwodadi > TPR pantai > sampailah di lokasi tujuan.


Nb. Jika Wisatawan Memakai Kendaraan Mobil Sebaiknya di Parkir Pada Jalan Masuk Menuju Pantai Nglambor Karena Medan dan Tempat Parkir di Nglambor kurang Memadai. Dan bisa naik jasa ojek Rp. 5.000; Kalau memakai Kendaraan Sepeda Motor Bisa Langsung ke Pantai Nglambor.



Snorkeling Menikmati Keindahan Bawah Laut Pantai Nglambor




Mendengar kata-kata snorkeling di pantai Selatan memang cukup aneh bukan karena di pantai Gunungkidul ini notabene adalah pantai dengan ombak besar karena berbatasan langsung dengan samudera Hindia.


Namun kali ini wisatawan tidak usah perlu kawatir lagi karena pantai Nglambor ini selain pemandangan pantai dan alamnya yang indah di pantai Nglambor juga bisa untuk snorkeling karena di pantai Nglambor ini ombaknya lebih tenang di Banding dengan Pantai-pantai di Gunungkidul lainnya.
foto by bns


Mengapa pantai Nglambor ini ombaknya tak seg4nas pantai lain?


Di pantai Nglambor mempunyai gunung yang menyerupai kura-kura kembar yang menambah keindahan pemandangan di Nglambor ini. Kedua gunung tersebut sekaligus berfungsi untuk memecah ombak dan ombak yang datang sampai di bibir pantai Nglambor ini sangat landai.


Snorkeling di Pantai Nglambor ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena banyak wisatawan ke Pantai Nglambor pasti melakukan kegiatan snorkeling.


Keindahan Bawah laut pantai Nglambor ini sungguh luar biasa tidak hanya di lokasi wisatanya yang bagus.


Di bawah laut pantai Nglambor ini masih sangat alami kalau kita melakukan snorkeling kita bisa melihat keanekaragaman biota laut yang hidup di dalamnya, ikan-ikan yang berwarna warni berenang dengan bebas, terumbu karang yang cantik, dan kalau beruntung bisa menemukan bintang laut juga.
Foto by pantai Nglambor.com


Masih banyak lagi yang bisa kita lihat biota laut yang ada di pantai Nglambor ini. Selain bisa menikmati pemandangan laut secara langsung kita juga bisa berfoto atau selfie dengan biota laut tersebut lho. Tapi kan di dalam air harus pakai kamera anti air dong? Lagian ga bawa? Lagian ga punya ?


Tenang, di wahana snorkeling ini semua jasa persewaan snorkeling dan pemandu menyewakan peralatan lengkap snorkeling , kamera bawah air, sepatu snorkel, kacamata air, pelambung, dan perlatan snorkeling lainnya dan pemandu satu orang.

Selain itu di lokasi tempat wisata ini ketika kami mengunjungi pantai ini pada minggu-minggu ini sudah ada banyak perubahannya. pokdarwis setempat menambah wahana atau spot wisata lainnya di pantai ini.


Untuk menyedot daya tarik wisatawan pengelola mulai membangun Gondola dan juga jembatan di lokasi wisata yang terkenal sebagai tempat snorkeling ini. Gondola dan jembatan gantung ini juga menyerupai yang ada di Pantai Sinden Yang terletak di sebelah timur Pantai wediombo.


ketika kami terakhir datang menuju ke lokasi wisata pantai ini untuk aksesnya masih hampir sama dengan waktu kami pertama kali datang ke sini. untuk pemakai mobil dan kendaraan bus hanya bisa parkir ke pintu masuk ke kawasan pantai ini karena di pantai nglambor belum ada fasilitas parkir besar.


untuk wisatan yang memakai mobil atau bus bisa naik jasa ojek atau bisa juga jalan kaki sambil menikmati pemandangan alam Gunungkidul seperti ladang dan perbukitan yang indah. namun bila anda memakai motor bisa langsung sampai di lokasi pantainya lho namun perlu hati-hati karena medannya masih sulit hanya sebagian yang jalanntya di cor blok yang lainnya masih bebatuan dan tanah.


Sejarah Pantai Nglambor

Pantai ini berada di desa puwodadi dimana pada tahun 2000an pantai ini hanyalah tempat pesisir yang tidak ada orang luar yang tahu kecuali penduduk sekitar purwodadi saja. pada waktu itu hanyalah para petani yang mempunyai lahan pertanian di pinggir pantai saja yang sering menjamah lokasi wisata pantai ini.


Biasanya para petani datang ke pantai ini hanya buat iseng mencari hasil laut memancing dari tepian pantai ataupun "ngrendet" istilah jawa atau menjaring dari tebing di pantai ini. perlu di garis bawahi petani disini hanyalah mengandalkan hasil pertanian palawija dan juga ternal jadi bukan nelayan ya. Mereka melakukan kegiatan ini hanyak untuk megisi waktu luang pertaniannya dan juga untuk lauk pauk pribadi.


Selain itu ketika kemarau panjang biasanya para warga juga mencari rumput laut untuk di konsumsi serperti di urap ataupun di buat masakan lainnya, selain itu juga biasanya untuk mencari kerang dan juga mencari gurita dan lobster. Namun kala itu wisata pantai ini belum ada sama sekali wisatawan yang mengetahui tempat ini karena belum ada akses masuk ke lokasi wisata.


Tradisi warga purwodadi di lokasi sekitar nglambor ini juga sudah ada sejak lama ketika tempat ini belum setenar saat ini, karena warga masyarakat percaya bahwa semua rejeki datangnya dari sang pencipta entah hasil pertanian, hasil peternakan maupun hasil lautnya.


Warga setempat mengucap syukur kepada sang esa dengan cara sedekah laut yang bermaksud mengucap syukur atas hasil dari alam yang meraka peroleh, nama acara adat ini biasanya warga masyarakat menyebutnya dengan "ngalangi".


Ngalangi sendiri memberikan sedekah laut berupa hasil pertanian, ternak dan juga hasil laut yang di larung ke tengah di pantai ini setelah di doakan oleh tetua adat setempat, setelah selesai semua warga yang datang ke acara tersebut untuk saling berbagi makanan kepada sesama warga yang datang.

Tradisi ini masih ada hingga saat ini, biasanya tradisi ini akan di lakukan ketika panen telah usai.

Perkembangan Pantai ini boleh di bilang begitu pesat dari pada jajaran pantai yang ada di gunungkidul lainnya.


Pada Tahun 2008nan pemerintah daerah bersama warga sekitar membuka jalan atau pengerasan yang gunanya untuk mempermudah akses warga ketika ke ladang peraniannya karena pada waktu itu hanyalah jalan setapak.


Lebih berkembang lagi ketika warga setempat melihat celah dari pantai ini sehingga mempunyai gagasan untuk membuka wisata pantai ini sebagai lokasi wisata. Namun karena masih kurangnya maksimal hingga sampai tahun 2014an akhirnya ada seorang pemuda yang melihat dari potensi wisata ini sehingga melakukan promosi melalui media sosial.


Yusuf aditya purnama seorang putra asli gunungkidul ini yang melihat potensi wisata pantai ini sehingga genjar melakukan promosi melalui media sosial dan lainnya dengan foto-foto panorama pantai ini yang keren.


Yusuf juga mendirikan usaha penyewaan alat snorkeling dan juga pemandu snorkeling di Pantai ini dan dimemberi nama BNS ( Bintang Nglambor Snorkeling) karena foto-foto snorkeling yang indah dan foto panorama bawah laut di Pantai ini yang sejuk banyak ikan warna warni dan terumbu karang yang indah sehingga banyak wisatawan yang mulai tertarik dan melirik pantai ini untuk tujuan wisatanya.


Di samping itu banyaknya wisatawan yang berdatangan ke pantai ini hingga  saat ini banyak warga setempat yang ikut terberkati, karena dahulunya warga setempat yang mengandalkan penghasilannya dari pertanian saat ini banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari lokasi wisata ini seperti dengan cara ngojek, mendirikan usaha warung, rumah makan, penginapan, hingga persewaan toilet.


Aktifitas di Pantai Nglambor Gunungkidul

Selain snorkeling dan menikmati indahnya pesona alamnya di sekitar pantai ini wisatawan juga bisa melakukan aktifitas berikut ini di Pantai yang terletak di purwodadi ini,


1. Camping

Bagi anda yang masih muda mudi meskipun tua juga boleh sih :) wisatawan bila ingin menikmati desiran angin malam di pinggir pantai wisatawan bisa melakukan camping di lokasi pantai ini, Namun lokasi camping di Pantai ini memang tak begitu luas, karena lokasi pasir putihnya tak seluas pantai wediombo.


2. Jembatan Gantung

Traveler saat ini ada yang baru loh di pantai nglambor yakni jembatan gantung ini, di bangun oleh para pengelola di pantai ini. jembatan ini menghubungkan antara bukit Nglambor dengan pulau atau gunung yang menyerupai kura-kura.



Jembatan Gantung ini juga sebagai spot selfie bagi wisatawan loh karena ramkaian jembatan menggunakan tali dengan las terbuat dari kayu, Panjang jembatan ini kurang lebih 100 meteran dan pengelola mengklaim jembatan ini sangat aman di naiki oleh wisatwan meskipun di bawahnya laut lepas. untuk menyebrang atau sekedar foto selfie wisatakan di kenakan biaya per orang Rp. 35.000 sebagai perawatan jembatan dan juga operator nya.


Angin kencang dengan deburan air laut yang begitu kencang di bawah kaki kita ketika kita menaiki jembatan aduuuhhh rasanya jantung berdebar debar namun ketika kita sampai ujung kita akan bisa menikmati indahnya panorama pantai dari atas jembatan.


Baca Juga : Rute Menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul 


3. Gondola 

Selain jembatan gantung di pantai ini juga ada wahana baru atau spot baru yakni Gondola. Gondola ini juga mengandalkan tali dan juga kereta gantung yang di tarik oleh pengelola untuk mengemudikannya.


Wisatawan hanya duduk di kereta gantung dan seerrr serrrr degub jantung hingga akhirnya sampai di ujung dan selain menantang adrenalin kedua spot ini wajib ada coba ketika berwisata atau liburan ke pantai ini.


Terbuat dari tali senar karena pengelola mengklaim kalau tali ini tahan karat dan lebih mudah untuk menggantinya ketika sudah aus. Para wisatawan yang hendak menaiki gondola ini di kenakan tarif Rp. 100.000 per orang lumayan mahal namun rugi deh kalau sudah piknik sampai sini tidak mencobanya..



4. Trecking  

Di Pantai ini wisatawan juga bisa melalukan kegiatan susur pantai selatan gunungkidul lho di mulai dari Pantai nglambor menuju pantai siung, kemudian naik ke bukit menuju pantai banyu tibo dan hingga sampai Bukit Pengilon yang saat ini lagi jadi tempat piknik yang lagi hitz di kalangan traveler.


5. Memancing

Selain berwisata bagi anda pecinta mancing mania di lokasi wisata ini anda juga bisa melakukan kegiatan hobi anda yakni memancing, selain berwisata hobi juga terpenuhi ya ga boss..




6. Spot Foto Menarik

Di Pantai ini juga banyak sekali spot foto menarik selain foto underwaternya di lokasi wisata ini wisatawan juga di manjakan dengan panorama alam sebagai obyek foto mereka. selain itu juga di BNS juga menyediakan spot foto seperti robot sebagai spot foto dengan background pemandangan pantai yang begitu indah.
foto by bns




Pantai Terdekat Dari Pantai Nglambor Gunungkidul

Kalau piknik ke nglambor sekalian ke pantai sekitarnya brow sekalian kan sudah jauh-jauh ke pantai ini kalau tidak mampir ke tetangganya, lagian untuk bayarnya retribusi udah jadi satu lho. Pantai apa aja yang terdekat dari Nglambor beach ini

1. Pantai Jogan

Terletak tidak jauh dari nglambor pantai jogan berada di sebelah utaranya lokasinya sebelum pantai nglambor, setelah TPR kemudian ada jalan pertigaan pertama kekanan menuju pantai nglambor. Pantainya indah dengan ciri khas air terjun yang indah dan beberapa tanaman pandan yang membuat tambah indah pantai ini.


2. Pantai Siung 

Selain Pantai Jogan yang masih satu jalur yakni Pantai siung. pantai siung terletak setelah pantai nglambor jadi paling ujung ya. Pantai ini di kenal dengan pantai yang bersih dengan ciri khas tebing yang tinggi dan biasanya sering di gunakan olahraga panjat tebing.



3. Pantai Banyu Tibo

Pantai banyu tibo ini masih juga satu jalur namun pantai ini belum bisa di jangkau oleh kendaraan wisatawan masih harus jalan kaki   dari pantai siung untuk sampai di pantai banyu tibo. sebenarnya bukanlah seperti pantai pada umumnya karena hanya seperti air terjun dari ketinggian dan di bawahnya cuman ada beberapa pasir putihnya.


4. Bukit Pengilon.

Bukit Pengilon masih berada terdekat dengan pantai nglambor namun sudah berbeda wilayah karena sudah berada di desa balong kabupaten Girisubo. untuk TPR nya juga sudah berbeda. tiket masuknnya masih relatif murah yakni Rp. 5.000 per orang untuk rutenya bisa melalui pantai wediombo atau juga bisa juga tracking melalui Pantai Banyu tibo.


 Penginapan dan Hotel Terdekat 

Karena Banyak wisatawan yang hendak menghabiskan liburannya yang ingin menginap di pinggir pantai terutama pantai nglambor, atau ingin menikmati snorkeling disaat petang tiba atau bahkan saat masih pagi-pagi hari wisatawan bisa menginap di penginapan atau hotel terdekat dari lokasi piknik anda, berikut daftarnya.

1. Penginapan Joglo watu kelir

terletak di jl. krakal indrayanti dari pantai nglambor kurang lebih 15 menit perjalanan. Fasilitas penginapan AC, kamar mandi, Tv. untuk info harganya silahkan hubungi 082327377377

Baca Juga : Penginapan Murah di Pantai Indrayanti 

2. Penginapan Bangsal Mbak endah

terletak di dekat jalan wediombo. berjarak kurang lebih 15 menit dari nglambor, fasilitas penginapan pemandangan indah ladang pertanian warga, Tv, Fun, kamar mandi. untuk informasi selengkapnya silahkan wisatawan menghubungi  087839606782

3.  Orchid in Hotel

terletak di jalan baron hotel ini lumayan jauh dari pantai Nglambor yakni berjarang kurang lebih 30 menitan. berbagai fasilitas di tawarkan di hotel ini. untuk info pemesanan dan juga harganya silahkan menghubungi ke 08136766662    


Baca Juga : PESONA BUKIT MARACAH .

Fasilitas
Fasilitas snorkeling ini bisa Anda nikmati dengan membayar kisaran Rp.30.000; - Rp.50.000; tergantung pada jasa persewaan yang ada di sana dan kualitas pelayanannya.


Selain bisa menikmati pemandangan bawah laut pantai Nglambor, kita juga bisa menikmati Pantai Nglambor ini dengan pasir putih yang berkilau dan pemandangan alam lainnya seperti pegunungan di lokasi Nglambor yang hijau sekali.


Di pantai Nglambor meski belum lama terkenal namun kemajuan pantai ini sangat pesat sehingga fasilitas di pantai ini sudah lumayan memadai seperti, parkiran, toilet, gazebo, warung makan, dll.


Tiket Masuk

Tiket masuk ke Pantai Nglambor hanya merogoh kocek Rp.6.000 per orang dan parkir kendaraan mobil Rp. 5.000, kendaraan roda dua Rp. 2.000. Cukup murah bukan berwisata ke Pantai Nglambor dengan sajian segudang kecantikan yang ada di Pantai Nglambor ini.

Rumah Makan Terdekat 

Di tempat wisata ini wisatawan bisa makan di warung-warung makan di pinggiran pantai nglambor banyak warung yang sudah buka dengan harga yang masih sangat terjangkau. Bila anda mau dengan menu seafood dan menu lainnya yang lebih menarik anda bisa makan di sekitaran rumah makan pantai siung karena disan akan lebih lengkap.

 
Baca Juga : 55 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Yang Wajib Anda Cicipi


Tips

1. Jika wisatawan hendak berpiknik ke tempat ini sebaiknya jika menggunakan kendaraan roda empat atau rombongan dengan bus parkirlah di tempat yang sudah di sediakan pengelola dan di lanjutkan dengan naik ojek Rp.5.000 karena medan sulit di akses menggunakan kendaraan roda 4 terakhir saya kesanan.

2. Jika anda menggunakan roda dua selalu hati-hati ya karena jalannya licin apabila pas musim penghujan.

3. Karena Pantai ini terkenal dengan snorkelingnya apabila wisatawan hendak ber snorkeling sebaiknya di setiap rombongan minimal 4 orang mintalah pemandu pada pengelola karena walaupun pantai ini aman untuk aktifitas snorkeling namun pantai ini tetap pantai selatan yang sudah terkenal dengan ombaknya yang besar.

4. Pastikan anda selalu mengenakan peralatan snorkel seperti pelampung, sepatu karang, kacamata, dll.

5. Jika hendak nge camp di pantai ini hendaklah berberilaku sopan pada warga setempat dan jangan lupa ketika anda membuat api unggun jika anda tak mau kena denda pengelola wisata selalu bersihkan sisa kayu bakar dan sampah lainnya.

6. Jika ingin menaiki spot jembatan gantung sebaiknya lihat cuaca apabila angin bertiup cukup kencang sebaiknya tundalah terlebih dahulu (walaupun ini sebenarnya sudah di atur oleh petugas jaga)

7. Pastikan jika ingin menaiki kereta gondola apabila wisatawan hendak membawa anak-anak minimal umur 5 tahun.


Nah itulah ulasan mengenai pantai nglambor bagaimana kapan anda piknik ke tempat ini, selalu jaga tempat wisata ketika anda berwisata. Selamat berwisata. 

Related Posts:

4 Responses to "Rute / Peta / Lokasi Menuju Pantai Nglambor Gunungkidul"

  1. Insya allah saat ke Jogja nanti saya coba snorkeling di pantai ini. Terima kasih infonya ya...

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama. Mari silahkan berkunjung ke pantai Gunungkidul

    ReplyDelete
  3. Untuk penginapan terdekat apakah ada??

    ReplyDelete
  4. Penginapan paling dekat di pantai siung pak

    ReplyDelete