Pesona Keindahan Taman Bunga Amarilis Gunungkidul

 
bunga amarilis
ig : russianik09

Pesona Keindahan Taman Bunga Amarilis Gunungkidul



Gunungkidul tidak hanya wisata pantai, Goa, dan Embungnya saja yang kian hari semakin diminati oleh wisatawan. Namun saat ini banyak tempat wisata bermunculan, seperti hal nya tempat wisata musiman di Gunungkidul ini yakni taman bunga Amaryllis.


Bunga Amarilis ini berbunga antara bulan Oktober hingga Desember tergantung musim penghujan tiba. Biasanya bunga Amarilis ini berbunga hanya setahun sekali dan hanya kurang lebih 1 bulan lamanya.


Bunga dengan warna corak pink orange ini juga di kenal dengan nama Lily atau Bakung. Kalau warga setempat juga ada yang mengatakan nama bunga ini adalah "Bambang procot". Kalau nama latin dari bunga Amarilis ini di kenal dengan nama  Hippeastrom.


Lokasi

 
Lokasi wisata Bunga Amarilis ini terletak di desa Salam, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Taman Bunga Amarilis -7.856065,110.498325 . Lokasi taman bunga amaryllis ini berada di selatan jalan sebelah barat dari jembatan kali salam, atau banyak orang menyebutnya dengan jembatan kali penthung atau jembatan irung Petruk. Tepatnya persis hanya di sebrang jalan atau bawah jalan.

 BACA JUGA : Kumpulan Foto Pantai Pangandaran, Harga Tiket, Rute dan Penginapan (Hotel)

Rute Menuju Taman Bunga Amarilis Gunungkidul,


Jarak dari kota Yogyakarta taman bunga Amarilis ini berjarak kurang lebih 20km dan dapat di tempuh 45 menit perjalanan dengan Kendaraan pribadi.
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jl. Wonosari > Wiyoro > pertigaan Piyungan > bukit bintang > patuk > Polsek patuk > puskesmas Patuk > Taman Bunga Amaryllis.
Nb. Taman bunga Amarilis ini berada di sebelah selatan jalan. Jika merasa bingung silahkan bertanya pada warga setempat.

bunga amarilis

Keindahan Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul


Pesona keindahan Bunga Amarilis ini sangat menawan bagi para pengunjung. Banyak wisatawan pelancong sengaja datang ke lokasi wisata baru ini hanya untuk sekedar foto selfie dan juga melihat indah nya bunga ini.

bunga amarilis
ig : joen-joe
Bunga Amarilis ini sebenarnya sudah ngetren sejak tahun 2015 lalu. Namun kala itu taman ini karena membludak nya wisatawan yang mengunjungi tempat ini jadi banyak bunga yang hancur atau rusak, terinjak-injak bahkan banyak wisatawan yang mengambil bunga tersebut.

Sebagai pengalaman kini bunga Amarilis ini sudah sangat tertata, di beri jalur serta di berikan jalan serta pembatas untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Taman bunga Amarilis ini terletak di atas kebun seluas 2.500 persegi milik saudara Sukadi warga patuk Gunungkidul. Berniat hanya untuk melestarikan tanaman ini supaya tidak punah Sukadi kini meraup untuk dari para pengunjung Wisata.

Dahulunya bunga Amarilis ini banyak warga hanya sebagai rumput liar yang menggangu tanaman ladang pada umumnya, banyak warga yang membuang bibit tanaman ini. Namun di tangan Sukadi ini di sulap menjadi tanaman yang sangat indah ketika berbunga dan mampu menyedot wisatawan yang sangat luar biasa.

Wisatawan menghabiskan waktu di taman bunga Amarilis ini hanya sekedar berfoto selfie dan melihat suasana yang masih sejuk di ladang Sukadi ini.

Banyak wisatawan yang memang sekalian mampir ke tempat ini dari tempat piknik lainnya seperti dari pantai, dari goa Pindul , maupun dari air terjun Sri Gethuk.


 BACA JUGA : PESONA PANTAI BUKIT PENGILON
Disaat malam Minggu atau hari Minggu di kawasan taman bunga Amarilis ini pasti jalurnya padat merayap karena banyaknya wisatawan yang singgah ke tempat ini.

bunga amarilis
ig : ririafrialiana
Selain jalur yang mudah di akses wisatawan sangat gampang untuk menikmati indahnya taman ini wisatawan juga di himbau pada panitia agar selalu menjaga kebersihan serta tidak merusak taman bunga Amarilis ini supaya tahun-tahun sebelumnya tidak terulang kembali.

Sayangilah tanaman ini karena jika berbunga akan sangat indah  sekali.
Tiket Masuk Ke Taman Bunga Amarilis
Harga tiket masuk ke taman bunga Amarilis ini relatif murah lho. Banyak Rp. 5.000; per orang. Harga tiket ini juga sebagai biaya perawatan taman ini.
Untuk biaya parkir kendaraan
Motor Rp. 2.000
Mobil Rp. 5.000

Parkirlah sesuai dengan tempat parkir yang sudah di sediakan karena untuk menjaga arus lalu lintas supaya lancar. Mengingat lokasi tempat wisata ini jalur padat.
Nah itulah tadi ulasan dari tempat wisata musiman baru di kabupaten Gunungkidul yakni taman bunga Amarilis. Agendakan waktu anda untuk berwisata ketempat ini mumpung masih bermekaran bunganya. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Pesona Keindahan Taman Bunga Amarilis Gunungkidul"

Post a Comment