Rute dan Tiket Masuk ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

 

 Rute dan Tiket Masuk ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul





Gunungkidul semakin terkenal akan tempat wisatanya di kalangan para traveler dalam dan luar negeri saja. Banyak tempat wisata yang kian hari kian memperlihatkan ke indahannya.


Seperti halnya Pantai yang belum lama dibuka oleh pemerintah daerah ini yang hingga saat ini meskipun akses masih lumayan sulit namun pengunjung sudah sangat membludak.


Keindahan Pantai Poktunggal ini dapat memikat hati para wisatawan dengan mempersembahkan panorama alaminya serta kebersihan di lingkungan wisatanya.
Selain itu hamparan pasir putih bersih nan luas bisa anda nikmati kala berwisata ke pantai Pok Tunggal ini.


Yang paling menarik kala ke Pantai Poktunggal ini ialah ikon pohon duras biasanya sebagai background foto para pengunjung.


Lokasi Pantai Pok Tunggal



Pantai pok tunggal ini berada di daerah jajaran pantai lainnya yang sudah sangat ternama di kalangan traveler yakni Pantai Indrayanti. Pantai Poktunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Pok Tunggal -8.154821,110.621083




Rute Menuju Pantai Pok Tunggal Gunungkidul


Dari pusat kota Yogyakarta pantai Pok tunggal ini berjarak kurang lebih 85km, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih memakan waktu perjalanan 2 jam.

Yogyakarta > ambil arah ke daerah wonosari > Ringroad Ketandan > jalan Wonosari > Sampaan > pertigaan Piyungan > bukit bintang > patuk > pasar buah Sambipitu > Sambipitu > hutan Bunder > perempatan gading > lapangan terbang Gading ( ada pertigaan ambil kiri melalui kota Wonosari ) > Playen > bundaran Siono ambil lurus menuju kota Wonosari > Pemda Gunungkidul > pasar Wonosari (setelah pasar ada pertigaan ke dua ambil kanan menuju jalan baron ) > Karangrejek > mulo (pertigaan ambil kiri arah ke pantai Wediombo, siung, Indrayanti kalau lurus menuju pantai baron ) > menth3l > Bintaos > desa Tepus > ada pertigaan ke kiri arah Wediombo dan siung ke kanan menuju Pok tunggal dan Indrayanti > TPR (tempat pemungutan Retribusi) > setelah TPR tidak berselang lama ambil kiri menuju pantai Pok Tunggal > Pantai Pok Tunggal.


Rute Menuju Pantai Pok Tunggal dari kota Solo dan Klaten.

Dari arah solo dan Klaten bisa melalui semin > karangmojo > Semanu > kota Wonosari > jl. Baron > mulo ( pertigaan ambil kiri) Bintaos > desa Tepus > ada pertigaan ambil kanan menuju pantai Pok tunggal > TPR > Pantai Pok Tunggal.

Nb. Jika merasa bingung bisa bertanya pada warga sekitar Tepus.


Pesona Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul




Setelah masuk ke kawasan Pantai Poktunggal ini wisatawan akan merasakan trip yang lumayan eksstrim karena medan yang di tempuh bukan jalan biasa melainkan jalan bebatuan.


Perjalanan bebatuan ini berjarak kurang lebih 2km karena belum pernah lewat di Medan sulit jadi kelihatan lebih lama.




Namun di sepanjang perjalanan kita di suguhi dengan pemandangan alam yang hijau royo-royo lho dan ladang milik para penduduk setempat.


Sebelum sampai di pantai Pok tunggal ternyata ada jalan juga menuju pantai baru lho yakni pantai seruni dengan Medan yang hampir sama seperti ke pantai Pok tunggal.


Ketika traveler hampir sampai ketika di jalan yang menukik turun taj4m wisatawan sudah bisa menikmati aroma pantai dengan pemandangan yang biru dan bersih.


Sudah tak sabar rasanya untuk segera sampai di Pantai Poktunggal ini. Sesampai di parkiran yang tertata rapi dan pemandangan indahnya pantai ini yang di balut dengan panorama alam, gunung-gunung menjulang tinggi seolah jadi benteng bagi pantai ini dari ramainya kota.


Sejenak kita bisa berfoto di pohon duras yang sebagai ikon pantai ini, eitss.. namun wisatawan hanya di perbolehkan foto di bawahnya ya tidak boleh memanjat apalagi merusak pohon ini.


Beranjak ke pasir putihnya yang indah, bersih, dan mempesona ini bagaikan Kilauan emas yang sangat mengkilap.


Jika ke pantai Poktunggal wisatawan akan di manjakan dengan luasnya hamparan pasir putih nan luas. Jadi jika Poktunggal ini sudah banyak di kunjungi wisatawan jangan kawatir pantai ini akan berjubel dengan orang ya. Karena tempat nya sangat luas. Dan wisatawan masih bisa bermain di pasir pantainya.


Jika beruntung saat musim kemarau dan air surut wisatawan juga bisa melihat langsung para warga setempat memanen rumput laut lho, dan jika ingin beli boleh kok dan murah lagi.


Ada lagi satu pengalaman penulis ketika berada di Pok Tunggal bersama keluarga besar yakni makan bareng berada di bawah pohon di kaki gunung dari pantai Pok tunggal ini.


Dengan membawa tiker dan bekal dari rumah makan bersama sambil menikmati keindahan pantai itu sangat luar biasa.

Namun pengalaman ini ketika penulis datang kesana belum terlalu ramai dan belum banyak pengunjung seperti saat ini.


Keindahan Pantai Pok Tunggal dari atas Bukit



Menikmati keindahan pantai Poktunggal tidak hanya melalui pasir putihnya saja, namun wisatawan bisa menikmati pantai Pok tunggal dari atas bukit sebelah barat maupun di sebelah timur pantai Pok tunggal.


Sangat indah sekali pantai Pok tunggal di lihat dari atas ketinggian. Menaiki bukit untuk menikmati keindahan pantai ini sudah ada jalannya yang aman lho, namun wisatawan memberikan dana sukarela sekedarnya. Di atas bukit sudah ada gazebo.


Sehingga wisatawan bisa santai dan menikmati indahnya pantai Poktunggal ini. Bisa melalui bukit Utara maupun bukit pojok selatan dari pantai Pok tunggal ini.



Tebing Nan Cantik di Pantai Pok Tunggal


Selain pantai nya di pantai Poktunggal ini kita juga bisa menikmati keindahan tebing yang menjulang tinggi hingga kurang lebih 50an meter,


Seolah menjadi Beteng bagi pantai Pok tunggal dari ramainya dunia, namun sayang sekali hingga saat ini belum banyak yang tau dan belum ada jalur untuk panjat tebing.


Karena kalau di lihat dari bebatuannya tak kalah dengan yang berada di pantai siung lho.


Camping Di Pantai Pok Tunggal

Tak bagi kalian traveler yang ingin menikmati keindahan pantai di malam hari, Wisatawan juga di perbolehkan nge Camp di pantai ini lho.


Namun harus menjaga kebersihan dan menjaga pantai ini ya. Untuk tenda biasanya wisatawan membawa sendiri-sendiri atau bisa sewa di sekitaran pantai ini.


NgeCamp di pantai Pok Tunggal sangat mengasyikkan apalagi saat mulai matahari tenggelam karena pantai ini salah satunya pantai di Gunungkidul yang menghadap ke Barat jadi bisa melihat sunset yang indah lho.


Ketika malam hari tiba biasanya membuat api unggun untuk menghangatkan badan namun ini menjadi momok sampah yang akan membuat wajah pantai menjadi kotor. 

Nah wisatawan wajib membersihkan seperti semula jika tidak ingin kena sanksi dari pengelola ya.


Ada Sumber Air Bersih di Pantai Pok Tunggal


Selain pantainya yang bagus dan pantas di acungi jempol ternyata di pantai Pok tunggal juga mempunya sumber mata air yang sangat bersih.


Terletak di bawah bukit sebelah Utara di bawah pohon besar yang airnya walaupun musim kemarau tidak pernah mengering.

Sumber air ini di manfaat kan oleh warga setempat sejak jaman dahulu sebagai sumber air penghidupan warga Tepus, warga masyarakat dahulu menyebutnya (ngangsu) mengambil air dari bibir Pantai Pok Tunggal ini.


Hingga saat ini masih di fungsikan sebagai sumber air bersih bagi warga setempat dan juga bagi pengusaha toilet, penginapan, dan juga rumah makan yang berapa di pantai Pok tunggal ini.


Fasilitas dan Tiket Masuk Ke Pantai Pok Tunggal


Meskipun tergolong pantai yang masih baru, pantai Pok Tunggal mengalami perubahan yang sangat pesat karena wisata pantai nya yang menawan.


Fasilitas yang berada di Pantai Pok Tunggal ini sudah lumayan lengkap lho bagi traveler, yakni seperti toilet, parkiran yang luas, penginapan, rumah makan, serta mushola.


Tiket masuk ke pantai Pok tunggal masih satu kesatuan dengan jajaran pantai lainnya seperti Pantai Indrayanti, Sundak, Baron dan sekitarnya jadi tiketnya menjadi satu yakni per orang Rp. 9.500;

Related Posts:

0 Response to "Rute dan Tiket Masuk ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul"

Post a Comment