Rute dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul

Ig@Anis_shita

Rute dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul





Gunungkidul sangatlah banyak wisata Pantainya dan mempersembahkan panorama yang laur biasa indahnya. Banyak lokasi tempat wisata Pantai yang sudah melegenda dan terkenal seperti halnya Pantai Siung ini.


Pantai siung sangat terkenal akan tempat wisatanya yang indah dan bersih. Pantai siung terletak diantara batuan besar dan pegunungan. Selain panorama nya yang indah Pantai Siung juga terkenal akan lokasi Panjat tebingnya.


Pantai Siung ini pajat tebingnya sudah sangat mendunia apalagi di Asia tenggara. Banyak yang datang ke Pantai ini selain untuk menikmati panoramanya juga untuk berolahraga panjat tebing.


Pantai siung mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas dengan beberapa tanaman pohon pandan khas di pinggiran pantai. Lebih eks0tis menikmati Pantai ini dari bukit sebelah timur Pantai Siung ini.


Lokasi

Lokasi Pantai Siung ini berada di kawasan desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Siung -8.181655,110.682799



Rute Menuju Pantai Siung Gunungkidul



Dari kota Yogyakarta Pantai Siung ini berjarak kurang lebih 80km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > perempatan Sampaan > pasar Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) > ada pertigaan belok kiri menuju kota Wonosari > Playen > Siono (bundaran lurus aja melalui kota Wonosari) > Pemda Gunungkidul > pasar Wonosari > setelah pasar pertigaan ke dua belok ke kanan menuju jl. Baron > Karangrejek > mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti plakat menuju pantai siung)  > Bintaos > Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan wediombo) > Gesing > Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) > TPR > ada beberapa pintu masuk ke kawasan Pantai lain seperti pantai Jogan dan Pantai Nglambor sebelum terakhir Sampai > Pantai Siung.


Nb. Jika wisatawan merasa bingung bisa bertanya pada warga sekitar Purwodadi.


Pesona Keindahan Pantai Siung.




Setelah melalui TPR (tempat pemungutan retribusi) Anda akan di bawa menuju pantai siung sampai akhir dari aspal ini namun karena ada beberapa Pantai yang di buka baru anda boleh mampir dahulu di Pantai Jogan dengan suasana Air Terjun di tebing Pinggir Pantai.


Selain itu Anda juga bisa mampir ke Pantai Nglambor bagi Anda yang gemar snorkeling dengan pemandangan indah di bawah laut yang di huni beberapa biota laut yang masih alami ini.

Ig@Anis_shita
Setelah melalui pintu masuk kedua Pantai tersebut kita sudah hampir sampai lho di Pantai Siung. Ketika sudah hampir sampai wisatawan sudah di suguhi pemandangan indah Pantai Siung dari kejauhan.




Boleh berhenti sejenak di jalanan yang menurun ini sambil menikmati pemandangan alam di lokasi. Ada yang bikin menarik pandangan mata di sebuah turunan sebelum sampai pantai siung ini yakni ada Gunung besar yang batuannya menyerupai Gunung berapi, setelah bertanya pada warga sekitar ternyata Gunung tersebut adalah Gunung Api Purba Batur yang berada di desa balong, Girisubo. Menarik untuk di kunjungi untuk wisata selanjutnya.


Setelah jalan menurun sedikit tajam sebelum sampai di Pantai Siung juga kita bisa melihat kolam dan keramba untuk budidaya ikan oleh warga setempat.


Bau khas laut sudah semakin taj4m dan deburan ombak sudah semakin menggeliat di depan telinga, dan benar saja kita sudah sampai di Pantai Siung.


Setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang luas rasanya hati sudah tak sabar untuk segera melihat Pantai ini karena keindahannya, siapa sih yang ga tau Pantai Siung ini??


Ombak besar khas Pantai Selatan Gunungkidul adalah daya tarik sendiri ketika berada di pantai siung ini, mengh4ntam tebing tinggi di sebelah tebing barat dari Pantai Siung ini begitu kuat hingga menimbulkan dentuman dan air laut mencur4t.


Melihat hamparan pasir putih nan luas sudah tak sabar rasanya ingin mencapai ujung timur dan mengelilingi setiap sudut di Pantai Siung ini. Berjalan di atas Pasir Putih ini cukup melelahkan apalagi di saat siang bolong dengan terik matahari. Sesekali beristirahat menepi di bawah pohon pandan sambil menikmati indahnya Pantai.


Perjalanan menyusuri Pasir Pantai Siung kira-kira baru setengah melihat ada kapal nelayan yang mau menepi rasa ingin tahu dan menunggu kapan tersebut hingga di tepian Pantai. Ada yang menarik untuk nelayan di Pantai Siung ini yakni ketika ada kapal nelayan yang datang para nelayan yang sudah beristirahat di warung-warung mereka berbondong-bondong saling bantu membantu untuk menaikkan kapal hingga sampai di Parkiran kapal di atas pasir, dengan tujuan kalau ombak pasang kapal tidak bisa hanyut bersama arus.


Hasil laut yang cukup melimpah dengan penghasilan berbagai jenis ikan yang berada di kapal maupun jaring dengan terbiasa nelayan memisahkan hasil ikan lalu di bawa menuju ke TPI (tempat pelelangan ikan) di pantai siung ini. 


Pelelangan ikan pun terjadi di antara para pedagang siapa Berani tinggi dia yang menang.


Masih sangat segar ikan yang berada di sini ketika pelelangan susah selesai banyak juga wisatawan yang langsung membeli kepada pemenang lel4ng tersebut, untuk oleh-oleh maupun bisa di nikmati di Pantai ini dengan memasakan di warung-warung Di Pinggir Pantai ini.


Kita berlanjut lagi menyusuri pasir putih menuju tepi sebelah timur Pantai Siung ini. Semakin ke timur jajaran pohon pandan pun semakin banyak. Ketika sudah sampai di ujung timur kita bisa melihat Pantai ini membentang indah dengan banyak wisatawan di tepi pantai.


Disisi sebelah timur ini Pantai Siung sangat indah dan eksotis karena di sini banyak batu karang yang bisa di buat untuk berfoto selfie dan melihat ikan-ikan kecil namun perlu ke hati-hatian karena batunya sangat licin dan juga selalu waspada akan ombaknya.


Indahnya Wisata Pantai Siung Dari Atas Bukit

Pengen menikmati bagusnya pemandangan Pantai Siung dari ketinggian kita bisa naik bukit yang berada di sebelah timur dari Pantai Siung, jalan setapak yang sudah di perbaiki oleh pengelola menuntun kita untuk menuju bukit.


Sampai di pertengahan bukit kita bisa beristirahat dan jalan menuju ke ujung sebelah barat di kiri dan kanan jurang wisatawan harus ekstra hati-hati ya, dari sini saja kita sudah bisa menikmati Pantai Siung dari ketinggian.


Keindahannya sungguh luar biasa. Tidak puas sampai di sini kamipun meneruskan perjalanan hingga ke puncak dengan Medan makin sempit dan terjal. Selain itu di sisi jalan jurang dan jalannya hanya susunan tanah, akan sangat licin sekali apabila sedang musim penghujan.


Setelah sudah sampai puncak melihat Pantai Siung akan kelihatan kecil sekali, namun kita bisa melihat keindahan alam Purwodadi dengan tanaman padi di atas bukit milik warga, melihat Pantai Siung dari kejauhan, serta melihat laut lepas yang biru dan bersih.


Di puncak Gunung ini kita juga bisa menikmati angin sepoi-sepoi khas Pantai, jauh dari kebisingan kota serta tempatnya sangat nyaman. Di bawah pohon wisatawan bisa menghabiskan waktu di sini dengan berfoto dan menikmati pemandangan.


Info dari warga penduduk setempat jalan ini masih bisa kita telusuri lho dan disana wisatawan dapat menikmati tempat wisata yang masih tergolong baru dan belum terlalu terkenal seperti Pantai Banyu Nibo yang dengan ciri khas ada air terjunnya yang bermuara ke lautan lepas.


Selain itu ada tempat wisata yang juga lagi hits di kalangan traveler yakni Bukit Pengilon. Di bukit pengilon wisatawan bisa menikmati pemandangan laut lepas serta hamparan rumput hijau bagaikan Padang rumput, sangat cocok sekali bagi Anda yang gemar Camping lho.


Asal Usul Nama Pantai Siung

Nama Pantai Siung ini terdengar sangat menarik dan cukup unik ya, namun di kalangan masyarakat ada ceritanya lho. 


Batuan dan pegunungan di Pantai Siung ini cukup unik dan batuannya mempunyai ciri khas yakni batuannya runc!ng dan taj4m. Konon asal usul nama Pantai Siung ini berasal dari bentuk batuan yang berada di Pantai Siung.


Ada batuan yang besar yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara yang hingga saat ini ikon batuan tersebut masih bisa di nikmati oleh wisatawan.


Pantai Siung Tempat Panjat Tebing Yang Sudah Mendunia
Ig@anoct

Pantai Siung tidak hanya terkenal sebagai pantai dan tempat wisata namun juga terkenal dengan tempat olahraga nya yakni Panjat Tebing. Panjat Tebing disini sudah memiliki jalur hingga 250 lebih dan masih bisa bertambah lagi.


Kawasan panjat tebing ini sudah mendunia sejak lama dan di pantai ini juga katanya sebagai lokasi terbaik Panjat Tebing di pinggir Pantai di Indonesia.


Menariknya selain kita bisa menikmati hobi Panjat Tebing kita juga bisa berwisata sekalian. Namun perlu kewaspadaan ya karena kontur batuannya yang taj4m dan sangat licin apabila saat musim penghujan.


Camping di Pantai Siung

Bagi wisatawan yang gemar Camping dan menikmati wisata Pantai saat malam hari kita juga bisa bercamping di pantai ini di atas pasir Putih pantai.


Saat malam akhir pekan tiba di pantai siung ini banyak sekali yang berkemah disini khusus nya para pemuda pemudi pecinta ala.




Namun para pengelola selalu menghimbau kepada siapa saja yang nge Camp di pantai ini supaya memperhatikan kebersihan serta tidak menyisakan kayu bakar saat membuat api unggun.


Di Pantai Siung ini setiap tenda yang camping di tarik dana sekitar Rp. 10.000; guna untuk pemasukan pengelola untuk memelihara tempat wisata ini.


Fasilitas dan Tiket Masuk di Pantai Siung

Fasilitas di Pantai Siung ini sudah lumayan lengkap, karena sebagai tujuan tempat wisata yang sudah terkenal banyak pelaku investor yang menanamkan bisnisnya di Pantai ini.


Banyak fasilitas yang sudah tersedia di pantai siung yakni kamar mandi, rumah makan, parkiran luas, mushola, TPI, pendopo, dan penginapan.


Tiket masuk ke kawasan Pantai Siung dan sekitarnya seperti Pantai Jogan dan Nglambor yakni Rp. 6.000 per orang sudah bisa menikmati tempat wisata yang indah dan nyaman ini.


Nah bagaimana tertarik untuk berwisata ke Pantai Siung ini. Silahkan datang ke kabupaten Gunungkidul. Dan selamat berwisata.

Related Posts:

1 Response to "Rute dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul"