Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul





Gunungkidul selain sebagai tempat wisata yang tersohor di kota Yogyakarta, Gunungkidul juga terkenal akan makanan khasnya yang ekstrim namun bikin ketagihan.


Banyak makanan khas yang di suguhkan oleh kabupaten Gunungkidul ini sebagai oleh-oleh wisatawan, namun tidak hanya makanan oleh-oleh biasa banyak orang menyebutnya makanan ini tak lazim di konsumsi.


Namun di tangan warga Gunungkidul ini makanan yang di agap tidak layak menjadi sangat lezat dan bikin ketagihan lho, tidak hanya walang goreng dan juga Enthung namun ada satu lagi kuliner yang perlu Anda coba dan ga kalah lezatnya dari walang Goreng lho, yakni Puthul.



Puthul merupakan hama bagi para petani Gunungkidul. Biasanya Puthul muncul pada saat awal musim penghujan atau pada saat tanaman padi saat berumur 1 bulanan.


Cikal bakal hewan Puthul ini sebenarnya dari uret yang menyer4ng akar tanaman padi dan setelah uret biasanya akan berubah menjadi kepompong setelah itu baru jadilah Puthul dan Puthul bertelur di tanah dan begitu seterusnya siklus perkembangan Puthul.




Tidaklah sulit untuk mencari dan men4ngkap hewan yang lezat ini yakni ketika matahari terbenam sekitar jam 6 sore hewan ini akan bermunculan dan biasanya makan di dedaunan pohon pisang, sengon, kancu dll.


Jika ingin mencari tinggal goyangkan pohonnya lalu Puthul akan berjatuhan. Hewan yang berwarna coklat ini sangat lezat apabila di masak dan rasanya sebelas dua belas dengan belalang lho.


Mau tahu cara masaknya, cara masak Puthul sebenarnya hanya mudah dan sederhana seperti halnya memasak belalang lho. Yakni bersihkan Puthul dengan cara di rendam di air Pan4s biar kotorannya keluar.


Setelah itu Puthul di bacem dengan bumbu bacem setelah bumbu dirasa meresap selanjutnya tinggal di Goreng garing dan Puthul siap untuk di makan.



Putul Paling Cocok di santap sebagai lauk Pauk dan paling pas dengan nasi pulen hangat serta sambel bawang. Gurih, renyah serta manis membuat kuliner Puthul ini menjadi membuat orang ketagihan karena muncul hanya setahun sekali.


Banyak perantau warga Gunungkidul yang mengutarakan kerinduannya pada kuliner khas yang satu ini. Sayang Puthul ini tidak banyak yang menjual seperti belalang.


Jika Anda ingin mencoba kuliner ekstrim yang lezat satu ini silahkan datang saja ke kabupaten Gunungkidul pada saat awal musim penghujan ya, dan nikmati rasa lezat dari kuliner Puthul ini bisa buat lauk Pauk maupun camilan.

Related Posts:

0 Response to "Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul"

Post a Comment