Rute , Lokasi dan Penginapan di Pantai Baron Gunungkidul

Ig@krisniarima

Rute , Lokasi dan Penginapan di Pantai Baron Gunungkidul





Gunungkidul memang rajanya tempat wisata apalagi wisata Pantai. Banyak berjajar wisata Pantai yang bisa kita temui di kabupaten ini. Seperti halnya Pantai Baron.


Pantai Baron seolah sudah menjadi legenda para wisatawan, karena Pantai ini sudah sangat terkenal sejak dulu bahkan Pantai di Gunungkidul belum banyak bermunculan seperti saat ini.


Pantai Baron adalah pantai paling utama sebagai tujuan wisata ketika datang ke kabupaten Gunungkidul, rasanya tidak afdol kalau ke Pantai Gunungkidul tidak mampir ke Pantai Baron.


Pesona Keindahan Pantai Baron memang sangat menarik dan ngangenin. Selain fasilitasnya yang sudah lengkap, disini wisatawan juga bisa menikmati kuliner seafood. Bila wisatawan ingin bermalam di Pantai Baron juga sudah tersedia Penginapan dengan kualitas yang lumayan.


Selain pantainya yang menarik wisatawan juga bisa menikmati Pantai Baron dari atas ketinggian di marcusuar bukit sebelah timur Pantai Baron. Wisatawan juga bisa menikmati jajaran pantai lainnya yang ada di sekitar Pantai Baron serta menikmati sunset yang indah dari atas marcusuar.




Lokasi

Lokasi Pantai Baron ini berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat  GPS Pantai Baron -8.129023,110.549019


Rute Menuju Pantai Baron Gunungkidul


Dari kota Yogyakarta Pantai Baron ini berjarak kurang lebih 65km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


Ada dua jalur menuju Pantai Baron,

Rute Pertama
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jalan Wonosari > Sampaan > pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > pasar buah Sambipitu > pertigaan Sambipitu > Hutan Bunder > Perempatan Gading > lapangan udara Gading > pertigaan Gading belok ke kiri menuju kota Wonosari > Playen > bundaran Siono > pemda Gunungkidul > pasar hargosari > ada pertigaan kedua setelah pasar ambil kanan menuju Jalan Baron > karang rejek  > mulo (ada pertigaan lurus aja) > kemiri > Polsek Tanjungsari > Kemadang > TPR (tempat pemungutan retribusi) > Pantai Baron.


Rute kedua
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jalan Wonosari > Sampaan . > Piyungan > Patuk > Gading (pertigaan setelah Lapangan udara belok ke kanan) pasar Playen > kecamatan Playen > Paliyan > Puslatpur TNI > pasar Trowono (masuk jalan JJLS) > Giring > TPR (tempat pemungutan retribusi) > Pantai Baron.


Nb. Jika merasa bingung silahkan tanya pada warga sekitar, saran lebih enak melalui rute pertama karena plakat lebih jelas.


Asal Muasal Nama Pantai Baron

Pantai Baron seolah nama ini sangat asing bagi telinga orang Jawa, konon katanya Baron ini diambil dari nama seorang pimpinan penjajah pada jaman dahulu yang bernama Baron Skeber. Pantai ini dahulu sebagai tempat kapal mereka berlabuh dan sebagai tempat penyimpanan sej4ta dan juga sebagai mark4s.




Pada dahulu kala Pantai ini masih sepi dan jauh dari pemukiman warga pribumi tidak seperti sekarang ini. Baron Skeber ini dahulu sempat bert3mpur melawan panembahan Senopati dari Mataram.

Ig@anwarfardian_ii

Warga Masyarakat sini meyakini bahwa Baron Skeber juga 6ugur di sini dan konon makamnya di Gunung sebelah barat dari Pantai Baron, maka dari itu masyarakat Gunungkidul pada umumnya menamakan Pantai Ini dengan Nama Pantai Baron.


Penjual Yang Tertata Rapi Di Pantai Baron

Cukup unik di Pantai Baron ini ketika wisatawan baru datang atau hendak Pulang banyak pedagang makanan maupun cenderamata bahkan binatang pun ada di sepanjang jalan diarea Pantai Baron ini.


Yang bikin menarik ketika sudah sampai di Parkiran kita berjalan kaki menuju selatan (pantai) langsung di suguhi berbagai macam penjual buah-buahan yang berjajar rabi di tepi jalan, buah yang di jajakan untuk wisatawan yakni buah pisang, srikaya, buah sawo, buah naga, mentimun, semangka dll. (Tergantung para petani pada saat itu panen apa).




Selain buah di sini juga ada yang jual makanan khas jajanan pasar, seperti puli tempe, jadah, tahu bacem, tempe bacem, pecel dll.


Hal yang lebih menarik lagi di Pantai Baron juga ada yang jual binatang lho seperti burung pentet, burung Poksai, burung pleci, tupai, burung perkutut, dll.


Selain penjual buah, dan binatang di sisi kanan ternyata disana tempat jualan pakaian ganti ataupun pakaian Oleh-oleh Khas Pantai Baron dengan harga yang bervariasi, disana juga tersedia toko makanan alakadarnya seperti bakso, mie ayam, nasi rames dll.


Sedangkan untuk barisan di sebelah kiri terlihat barisan warung makan yang lebih elegan hampir sama sekelas restauran. Disana menyediakan masakan seafood dengan olahan seafood yang masih segar. 


Warung makan ini juga melayani apabila kita membeli ikan laut atau udang mentah yang segar bisa di masak di warung ini.


Tepat di sebelahnya oleh-oleh seafood yang sudah di goreng dan matang seperti udang, ikan, lobster dll.


Maju sedikit hampir sampai di Pasiran pantai Baron di sana berjajar rapi TPI (tempat pelelangan ikan) yang di isi oleh pedagang ikan segar. Harganya lumayan terjangkau dan biasanya masih segar hasil tangkapan nelayan langsung.




Pesona Keindahan Di Pantai Baron



Pantai Baron merupakan pantai dengan pasir pantai yang luas di kabupaten Gunungkidul, banyak berjajar rapi kapal nelayan yang seolah menambah pesona khas dari Pantai Baron. Pasir Pantai yang ada di Pantai Baron ini lain dari pada pantai yang ada di Gunungkidul yakni tidak putih bersih melainkan putih kusam agak kehitam-hitaman.


Di Pantai Baron ini juga ada aliran sungai nya sangat bersih airnya di sebelah barat dari pantai Baron tepatnya di kaki gunung, aliran sungai ini mengalir hingga ke laut. 
Banyak wisatawan yang berenang dan bermain air di sungai ini karena airnya yang bersih sekali.


Aliran sungai ini berasal dari mata air sungai bawah tanah, debit airnya lumayan besar sehingga di buat pengairan untuk minum oleh warga desa Kemadang dan sekitarnya. Bermain air di sungai ini harus lah berhati-hati karena debit airnya bisa tiba-tiba deras sehingga sebenarnya kawasan sungai ini berb4hay4. Jadi selalu hati-hati ya.


Tingginya gelombang ombak di Pantai Baron ini membuat indah pemandangan di pantai ini, dengan hembusan angin laut yang begitu kencang menerpa tubuh. 


Barisan payung yang berjajar rapi membuat indah pantai ini. Sambil menikmati pemandangan pantai Selatan di bawah payung yang di lapisi sebuah tikar terasa nikmat sekali sambil minum es kelapa. Taris payung dan tikar ini lumayan mahal yakni Rp.20.000;


Ada yang menarik di pantai Baron yakni sekarang ada Ojek Kapal dengan tarif per orang Rp.10.000 dengan penumpang 8 orang. Pingin coba datang saja ke Pantai Baron. Tapi harus tetap hati-hati ya karena kapal ini sebenarnya di peruntukkan hanya untuk mencari ikan, selalu pakai pelampung mengingat Pantai ini begitu besar ombaknya.


Di Pantai Baron ini juga bisa di buat untuk Camping lho bagi wisatawan yang suka menginap dan menikmati pantai saat malam hari. Namun wisatawan harus mengikuti peraturan pengelola yang ada seperti dilarang membuang sampah sembarangan, dan di larangeninggalkan bekas api unggun di lokasi Pantai Baron.


Background Foto Selfie di Pantai Baron

Sekarang pantai Baron semakin tertata. Karena pengelola menambahkan spot-spot foto selfie yang unik dan menarik. Seperti di ujung sebelah timur dari Pantai Baron ini tepatnya di bawah tebing Sekang sudah ada ikon tulisan Pantai Baron sehingga banyak yang suka foto di Ikon tersebut.


Selain itu sekarang para pengusaha fotografer juga memasang spot foto bertema tulisan Pantai Baron, bentuk Love, kupu-kupu dll. Jika ingin berfoto dengan background tersebut wisatawan di kenai biaya seiklhas nya.


Pos SAR Di Pantai Baron

Menengok ujung barat pojok dari Pantai Baron ini disana ada Posko SAR dengan personel terbanyak karena Pantai Baron banyak pengunjungnya. Selain itu di sini juga di gunakan sebagai Posko SAR pusat di daerah Pantai Selatan Gunungkidul.


Begitu sigapnya petugas SAR di Pantai Baron ini setiap personel selalu terjun kelapangan dan selalu menghimbau wisatawan yang n4kal nekat bermain air laut.


Pemandangan Indah Dari Atas Mercusuar

Puas di area pantai Baron kini saat nya menikmati indahnya Pantai Baron dan sekitarnya dari atas mercusuar yang berada di bukit sebelah timur dari Pantai Baron.


Dengan jalan tangga dari batu yang sudah di susun rapi oleh para pengelola dengan tiket masuk per orang Rp.2.000; rupiah kita menyusuri anak tangga hingga bukit paling atas.


Di atas batu karang ini terdiri mercusuar yang berdiri kokoh diatas bukit sebagai pertanda lalu lintas para kapal yang lewat di perairan.


Wisatawan bisa naik keatas mercusuar dengan tiket Rp. 4.000 per orang dengan jalan yang melingkar dan semakin keatas semakin mengerucut. Sesampai di atas wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah dan mempesona.


Dari atas ketinggian wisatawan bisa melihat Pantai di sebelah timur Pantai Baron yang berjajar indah, selain itu kita juga bisa melihat Pantai Baron dari ketinggian dan kita bisa selfie dengan indahnya pantai Baron dengan jajaran kapal nelayan yang sangat banyak.


Menikmati panorama di atas ketinggian Pantai Baron juga sangat cocok saat sunset tiba. Ketika sang Surya hendak tenggelam semburat pemandangan langit yang memerah sungguh indah besutan sang ilahi.


Pendopo Di Pantai Baron

Ke Pantai Baron apabila bersama rombongan banyak dan membutuhkan tempat istirahat dan tempat untuk melakukan kegiatan wisatawan bisa menyewa Pendopo yang terletak di sebelah parkiran mobil atau bus kira-kira jarak dari Pantai kurang lebih 500 meter.


Penginapan di Pantai Baron

Fasilitas yang makin lengkap di Pantai Baron apabila wisatawan hendak menginap di Pantai ini tidak usah jauh-jauh mencari penginapan untuk keluar dari Pantai Baron, wisatawan bisa menikmati wisata malam di Pantai Baron ketika petang tiba dengan hanya keluar dari Penginapan.

Berikut ini penginapan / Hotel yang berada di area Pantai Baron.


1. Penginapan Baronsari

Penginapan ini letaknya paling dekat dengan Pantai Baron yakni sekitar 300 meter dari bibir Pantai. Penginapan ini fasilitasnya cukup komplit dan tarifnya lumayan murah.


Di Penginapan Baronsari ini ada 9 kamar dengan fasilitas yang berbeda. Berikut ini fasilitas kamar yang ada di penginapan Baronsari. Ac, kipas angin, kamar mandi dalam, parkir luas, dekat restauran.


Tarif di Penginapan Baronsari sari ini relatif murah yakni kisaran Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000. berikut ini nomor telepon nya 087839074262.


2. Hotel Baron sari

Meskipun namanya hampir sama namun lokasi berbeda dan letaknya lebih jauh kurang lebih 400 meter dari bibir Pantai Baron.


Fasilitas juga sudah lumayan lengkap dengan tarif yang berbeda. Tersedia 16 kamar dengan tarif kurang lebih Rp.300.000; - Rp. 800.000; fasilitas di Hotel Baron Sari meliputi kamar mandi, kipas angin, tv, Ac, dll.
Nomor telepon 087845671962


3. Penginapan Bintang Baru

Terletak lebih jauh dari kedua penginapan di atas namun masih dalam kawasan Pantai Baron. Berjarak kurang lebih 500 meter dari Pantai Baron.


Tarifnya lumayan murah kisaran Rp. 250.000; hingga Rp. 500.000 tergantung fasilitasnya yang ada. Untuk informasi selengkapnya nya silahkan hubungi nomor (0274) 392052




Fasilitas dan Tiket ke Pantai Baron

Fasilitas di Pantai Baron ini sudah bisa di bilang komplit karena sudah banyak fasilitas seperti parkiran yang sangat luas, toilet, tempat oleh-oleh, rumah makan, masjid, restauran, posko SAR, TPI, dll.


Tiket masuk ke kawasan Pantai Baron ini lumayan murah yakni Rp. 10.000 per orang dan dapat menikmati wisata pantai sepanjang pantai Baron hingga Pantai Poktunggal. Tarif parkir motor Rp. 3.000; mobil Rp. 5.000;


Nah bagaimana Anda tertarik untuk wisata ke Pantai Baron bersama keluarga Anda. Silahkan untuk berwisata ke Gunungkidul. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Rute , Lokasi dan Penginapan di Pantai Baron Gunungkidul"

Post a Comment