Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta


pantai sedahan

Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Sedahan Gunungkidul terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sedahan ini satu jalur dengan pantai Wediombo, pantai Jungwok, pantai Watu Lumbung , dan juga wisata alam gunung api purba batur. Ada beberapa Rute, Jalan, Peta Lokasi menuju Pantai Sedahan. Jarak dari kota Yogyakarta 75km dapat ditempuh dengan 2jam perjalanan. Titik koordinat GPS Pantai Sedahan Gunungkidul sebagai berikut -8.197772,110.720714

Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta


Kunci utama kita temukan desa Jepitu atau pertigaan Jepitu.

Dari Yogyakarta ada dua rute, jalan, peta lokasi pantai Sedahan paling efektif dan paling cepat,

Rute Pertama, Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang) > Siono > Wonosari kota > jl.Baron > (sampai di mulo belok kiri ambil arah Tepus) > Bintaos > Tepus > (pertigaan ke kanan menuju indrayanti/pulangsawal ke kiri pantai siung dan Wediombo, belok kiri ambil jalur ke Wediombo) > Ndakbong > Purwodadi > (pertigaan ke kanan menuju siung, Nglambor ,njogan kalau lurus ke Wediombo, ambil jalur yang lurus ) > Balong > pertigaan Jepitu ( ambil arah kanan dengan menuju Pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung, dan pantai Sedahan ) sesudah melewati TPR sebelum sampai di Wediombo belok kiri > Pantai Sedahan.

Rute Kedua, Yogyakarta > Bantul > Parangtritis > Panggang > Saptosari > Baron > Kukup > Indrayanti > Tepus > Ndakbong > (pertigaan arah ke pantai siung ambil yang lurus ke pantai Wediombo) > Balong > pertigaan Jepitu ( ambil arah kanan menuju pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung ) sesudah TPR sebelum pantai Wediombo belok ke kiri > Pantai Sedahan.

Nb: rute kedua melalui pinggir pantai terus menerus apabila Anda ingin menjelajahi pantai di gunung kidul boleh Anda coba.

Dari Kota Solo mempunyai jarak 90km dan dapat di tempuh dengan 2jam 30menit perjalanan. Berikut Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta,
Surakarta > Grogol > Jl.setya darma > jl. Cuplik-telukan > Jl.cuplik-sukoharjo > jl.Anggrek > Jl. Sutowijoyo > Jl. Manyaran > jl. Pracimantoro-Wonogiri > Joho > Jl. Wonosari-Praci > Jeruk legi > Ngrancah (Puskesmas ambil arah kanan) > Pertigaan Jepitu (ambil arah kiri menuju Wediombo) sesudah TPR sebelum sampai Wediombo belok kiri > Pantai Sedahan.
rute, jalan, peta lokasi pantai sedahan gunungkidul yogyakarta

Untuk perjalanan menggunakan angkutan umum
Yogyakarta (terminal giwangan) naik bus jurusan Wonosari (ongkos Rp.9.000) sesampainya di terminal Wonosari (terminal selang) naik bus jurusan Jepitu (ongkos Rp.10.000) sesampainya di Jepitu di lanjutkan dengan naik ojek (ongkos Rp. 20.000 per orang sesuai perjanjian di awal)

Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta

Perjalanan sesudah masuk melalui jalan kapur putih nanti kendaraan kita bisa di parkir disitu dan disitu sudah ada tukang parkirnya, bila Anda bingung anda bisa menanyakan pantai Sedahan karena di parkiran ini bisa untuk 3 pantai sekaligus yaitu pantai Jungwok, Pantai Greweng, juga Pantai Sedahan. Trip selanjutnya di lanjutkan dengan berjalan kaki meskipun jauh tapi kita bisa melihat pemandangan alam Gunungkidul, persawahan, dan juga pegunungan yang rimbun. Jalan setapak yang kecil akan menuntun kita untuk menuju Pantai Sedahan. Di sela-sela perjalanan kita dapat menjumpai para petani yang sedang beraktivitas kita boleh bertanya kok apabila kita bingung asal kita sopan pasti mereka juga ramah. Kita menempuh kurang lebih 30menit dengan berjalan kaki.
pantai sedahan


Sesampai di pantai Sedahan kita akan disuguhi dengan deburan ombak pantai Selatan beserta angin sumilir menyejukan gerah tubuh ini, sekilas saya melihat pantai Sedahan begitu istimewa pantai yang di apit pegunungan yang hijau royo-royo, di pantai Sedahan ini pasir putihnya nan halus dan lumayan luas untuk bermain-main, di pantai ini kita juga bisa bermain-main air tp asalkan tidak terlalu ketengah mengingat ganasnya ombak pantai Selatan. Di pantai Sedahan ini masih sangat sepi cuma ada beberapa pengunjung ketika saya kesini. Melihat semua sisi sudut pantai ini masih sangat alami. Di pantai ini juga sering untuk camping kata salah satu penduduk yang ada disini, namun di pantai ini belum ada fasilitas seperti pantai-pantai yang lainnya, belum ada kamar mandi, belum ada warung, belum ada penginapan jadi kalau mau ke pantai ini persiapan bekal ya.

Disela menikmati keindahan pantai Sedahan ini ternyata di sekitaran pantai Sedahan cocok buat spot memancing, nah bagi Anda yang hobi memancing Anda bisa sekaligus berwisata juga mancing disini. Nah setelah puas bermain di pantai ini sebelum matahari tenggelam kami segera pulang mengingat perjalanan kaki masih jauh. Liburan Heppy jangan buang sampah sembarangan.

Related Posts:

18 Responses to "Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta"

  1. Wah lengkap banget gan, bermanfaat nih buat yang ingin travelling kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan jd ga takut kesasar kalau mau ke pantai sedahan, selamat berlibur :)

      Delete
  2. nnti klo liburan ke jogja mw mampir ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan. Monggo liburan di kabupaten gunungkidul

      Delete
  3. lengkap ya :D jadi pengen traveling

    ReplyDelete
  4. Wah keren ni mbasis, kita bisa liburan sendiri tanpa takut-takut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak soalnya info pantai Sedahan nya kan sudah jelas :)

      Delete
  5. paiintainya bagus ya, pengen rasanya liburan lebaran kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak silahkan atur jadwal untuk liburan

      Delete
  6. Agan ini manas-manasin biar ke Jogja.

    Mantap lah gan. Semoga bisa ke Jogja dan jalan-jalan ke lantai sedahan

    ReplyDelete
  7. akses jalan ke pantainya bagus gak ya gan kalo pake mobil? jalannya udah halus belum? trus kira2 ada penginapan enggak ya deket situ? thx gan

    ReplyDelete
  8. Kalau berangkat malam hari memungkinkan gak ya akses jalannya? Ngeri gak? Mau camping serem gak gan kira2 kalau gak ada tetangganya tuh?

    ReplyDelete
  9. Kalau berangkat malam hari memungkinkan gak ya akses jalannya? Ngeri gak? Mau camping serem gak gan kira2 kalau gak ada tetangganya tuh?

    ReplyDelete
  10. Kalau berangkat malam hari memungkinkan gak ya akses jalannya? Ngeri gak? Mau camping serem gak gan kira2 kalau gak ada tetangganya tuh?

    ReplyDelete
  11. Akses nya susah ga dari parkiran kendaraan bos??

    ReplyDelete